Logo

Orang Tua Wajib Bacakan Buku pada Anak

REJANG LEBONG – Dalam rangka menumbuhkan minat baca terhadap Anak sejak usia dini, Rabu (28/11) pagi, Yayasan Kartika Jaya Kordinator XXI Yonif 144 Cabang II Sriwijaya menggelar kegiatan “Sosialisasi Parenting Literasi Keluarga”. Kegiatan ini mengusung tema “Ayah Bunda Membacakan Buku”. Nantinya para orang tua harus membacakan buku minimal 10 menit setiap hari kepada anaknya sehingga nantinya anak-anak terbiasa untuk membaca.

Ketua Yayasan Kartika Jaya Kordinator XXI Yonif 144 Cabang II Sriwijaya Novi Andri Hadiyanto, menjelaskan bahwa agar kiranya para orang tua ayah bunda dapat mensosialisasikan dan membimbing anak-anak ke arah yang lebih baik. Salah satunya yakni melalui kegiatan membacakan buku minimal 10 menit setiap harinya.

Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan Gerakan Nasional Baca Buku (Gernas Baku) yang sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Selain itu, untuk perwakilan pemenang TK di Provinsi Bengkulu, TK Kartika II-21 lah yang menjadi perwakilan sehingga diamanahkan untuk menggelar kegiatan tersebut.

“Jadi, memang kita terapkan sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar para orang tua dapat membacakan buku 10 menit setiap harinya,” imbuh Novi.

Ia menambahkan, kiranya kepada pembina-pembina pada Taman Kanak-kanak lainnya juga dapat meningkatkan dan mensosialisasikan gerakkan membaca buku untuk para orang tua murid. Sehingga, TK-TK lainnya juga bisa menampilkan yang terbaik dan mendapatkan juara-juara pada kegiatan perlombaan berikutnya.

“Kiranya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi TK TK lainnya sehingga nantinya minat baca anak anak di Rejang Lebong dapat meningkat,” pungkasnya.