Nelayan Seluma Bentrok di Laut

Nelayan Seluma. Foto Dedi
Nelayan Seluma. Foto Dedi

SELUMA, bengkulunews.co.id – Puluhan nelayan tradisional asal Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma, mengusir kapal nelayan yang diduga menggunakan trawl. Dampaknya berujung bentrok sesaat antar sesama nelayan.

Ketua Nelayan Pasar Seluma, Ikwan mengatakan, kejadian tersebut berawal saat dirinya diminta tolong nelayan yang berada di laut. Jika salah satu kapal yang diduga menggunakan trawl berniat menabrak perahu nelayan Seluma.

”Lalu saya bersama Syahril dan Andika menuju lokasi, diikuti tiga perahu warga lainnya, dan memang kapal trawl tersebut ada,” kata Ikwan, Senin (13/11/2017).

”Pada lambung kapal bertuliskan Bina Bersatu, yang diduga dari Kota Bengkulu dengan mesin 10 sampai 15 GT,” tambah Ikwan.

Sementara itu, menurut Danposal Seluma, Peltu. Tonny Silitonga, akan memediasi dengan pemilik kapal trawl tersebut agar kejadian serupa tidak terulang lagi dimasa yang akan datang.

Penggunaan trawl sendiri, saat ini masih diperbolehkan oleh Kementerian Kelautan RI hingga Desember 2017. Sehingga, pihaknya tidak bisa melarang penggunaan trawl tersebut, sehingga di lapangan tidak bisa menindak.

”Berdasarkan pengalaman, secara hukum penggunaan trawl juga sulit dibuktikan,”tutup Tonny.

Baca Juga
Tinggalkan komen