Bengkulu News #KitoNian

Mengenal Fitur Canggih Honda Selectable Torque Control

Cara kerja HSTC. Foto, Astra Honda

BENGKULU – Astra Motor Bengkulu baru saja merilis skuter matik All New Honda ADV160. Motor ini dibekali dengan sejumlah teknologi canggih. Salah satunya yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Area Supervisor Astra Motor Bengkulu, Yulius Onassis mengatakan, fitur ini biasanya disematkan pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza dan PCX 160.

Fitur ini mendukung keamanan dan keselamatan berkendara dengan mendeteksi perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang. Fungsinya untuk mencegah slip atau pengendara tergelincir.

“Caranya dengan mengurngai semprotan bahan bakar ke mesin sehingga perputaran mesin tidak terlalu besar,” ujarnya dalam pres rilis Honda ADV 160, Sabtu (6/08/2022).

Dilansir dari laman Astra Honda, HSTC bekerja setelah sensor mendeteksi adanya perbedaan perputaran ban depan dan belakang. Informasi ini dikirimkan ke Electronic Control Unit untuk memutus sementara pengapian mesin.

Saat ETC memutus pengapian, secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.

Cara kerja HSTC merupakan kebalikan dari sitem Anti-lock Braking System (ABS) yang juga disematkan pada motor Honda varian tertentu, seperti ADV160.

Jika ABS bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic braking, maka HSTC bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat gas dibuka atau berakselerasi.

Pengendara umumnya bisa mengaktifkan fitur ini hanya dengan menekan tombol yang ada di bagian setang sebelah kiri ke posisi ON.Jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa di-non-aktifkan.

Fitru HSTC bisa diaktifkan saat kendaraan sedang melaju. Namun disarankan untuk mengatifkan fitur ini saat kendaraan dalam keadaan berhenti.

Baca Juga : Honda Rilis ADV 160, Fitur Makin Mentereng untuk Jelajah Perkotaan

Baca Juga
Tinggalkan komen