Bengkulu News #KitoNian

Mengenal Coping Mechanism, Cara Seseorang Menghadapi Tekanan

ilustrasi Coping Mechanism. Foto, Cindy/BN.

Coping Mechanism atau mekanisme koping merupakan cara seseorang bertahan dalam menghadapi tekanan atau saat merasa stres. Biasanya mereka yang merasa tertekan atau mengalami stres cenderung melakukan kegiatan atau taktik untuk menjaga emosi tetap stabil. Misalnya seseorang banyak melakukan perjalanan panjang ke berbagai kota maupun negara, setelah putus cinta.

Keadaan tersebut menggambarkan bahwa seseorang ingin mengalihkan luka dengan cara traveling. Mungkin dengan begitu Ia bisa melupakan sejenak permasalahan hatinya, sembari mempersiapkan langkah untuk membuka lembaran baru setelah putus cinta.

Melakukan Coping Mechanism bukan berarti seseorang menghindari masalah yang dihadapinya, tetapi lebih tepatnya memberi ruang untuk diri mengenali atau menentukan langkah selanjutnya dari permasalahan yang dialami. Tidak hanya masalah seperti putus cinta, tetapi juga kehilangan pekerjaan maupun ditinggal orang terkasih sangat menimbulkan bekas mendalam.

Oleh karena itu adanya Coping Mechanism membantu menstabilkan emosi secara berkala, namun perlu diperhatikan mengalihkan pikiran tidak boleh ke arah negative seperti menyakiti diri sendiri maupun melakukan hal agresif lainnya.

Mereka yang ingin melakukan Coping Mechanism dapat mengikuti beberapa cara berikut :

  1. Merawat diri menjadi lebih baik, seperti menggunakan skincare, mewarnai rambut dan sebagainya.
  2. Meningkatkan Skill atau kemampuan sesuai passion.
  3. Mengunjungi konser atau tempat-tempat baru.
  4. Melakukan olahraga seperti lari, gym maupun yoga yang membantu menghilangkan stress.
  5. Mencoba adopsi hewan peliharaan.
  6. Membersihkan rumah maupun belajar menanam tumbuhan, hingga memasak.
  7. Menulis maupun melakukan hobi lainnya.
  8. Traveling keberbagai kota hingga negara.

Hal diatas dapat anda lakukan ketika mengalami tekanan atau stress, namun hindari Coping Mechanism yang tidak sehat seperti :

  1. Minuman beralkohol secara berlebih.
  2. Menggunakan obat terlarang.
  3. Menyakiti diri sendiri.
  4. Makan terlalu banyak.
  5. Tidur terlalu lama.
  6. Menyalahkan diri sendiri.

Hindari hal tersebut agar tubuh dan pikiran tetap sehat, jika memang sudah merasa tidak kuat anda dapat melakukan konsultasi dengan orang terdekat maupun psikolog.

Baca Juga
Tinggalkan komen