Logo

Lima Kerajinan Khas Bengkulu

Masyarakat tidak pernah lepas dari yang namanya seni, salah satunya adalah karya tangan yang dibuat sedemikian rupa indah dan menarik.

Di Bengkulu sendiri masyrakat memiliki, kreatifitas tanpa batas. Menggunakan bahan-bahan yang awalnya tidak berguna, menjadi sangat berguna bahkan memiliki nilai jual. Apa saja ? mari kita simak kerajinan Khas Bengkulu berikut :

1. Kerajinan Kulit Lantung

Kalau biasanya Viewers sering menemukan tas, kotak pensil yang terbuat dari kain dan kulit hewan. Bagaimana jika tas atau kotak pensil yang terbuat dari kulit lantung? Inilah yang dimiliki Bengkulu, salah satu kerajinan tas yang terbuat dari Kulit Lantung.

Lantung adalah pohon sejenis nangka yang banyak tumbuh di hutan-hutan di bengkulu. Pohon ini selain memiliki kulit yang tebal dan kaku, juga mempunyai serat yang tidak mudah putus, sehingga bisa dapat diolah menjadi barang cenderamata.

Dalam pengolahan, kulit latung dilepaskan dari pohonnya dengan cara diketok, kemudian ditaburi bubuk bahan kimia untuk mencegah jamur. Dalam pembuatannya kulit lantung yang sudah berbentuk lembaran direbus dengan campuran bahan kimia hingga satu jam untuk menghilangkan getah.

Setelah kering, kemudian dipres dan dipola sesuai dengan barang yang akan dibuat. Kerajian kayu lantung merupakan kerajinan khas bengkulu. Kulit kayu yang telah dipukul-pukul, dijemur, dan direbus biasanya dibuat tas, kopiah, sandal, dan perhiasan interior lain termasuk juga untuk kanvas lukis.

2. Miniatur Dol

Dol merupakan alat musik khas Bengkulu yag sangat terkenal keberadaanya, alat musik ini berjenis gendang atau perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit hewan sapi. Namun siapa sangka alat musik ini bisa dijadikan Souvenir, versi kecil. Yaitu miniatur Dol seperti gantungan kunci ataupun tas yang dapat dipakai dan dibawa kemana-mana. Sehingga meninggalkan ciri khas Bengkulu.

3. Kain Batik Basurek

Kain Batik Basurek merupakan kain khas Bengkulu, peninggalan nenek moyang yang bercotrakkan tulisan arab Gundul dan Kaligrafi yang sering dipakai saat upacara adat Bengkulu. Kain Basurek sekarang menjadi salah satu, oleh-oleh khas Bengkulu.

4. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan ini tentunya sudah sering dilihat dimana-mana, tapi siap[a sangka di Bengkulu banyak pengerajin Tanah Liat yang membuat aneka bentuk dan kegunaan yang dapat memiliki nilai jual seperti Vas, kendi dan gentong.

5. Kerajinan dari Bambu

Kerajinan dari bambu ini sangat bermanfaat, karena sering kita gunaan di rumah maupun berbagai tempat. Seperti tikar, tutup makanan, alat musik, tutup cangkir, tempat tisu,dan edotan bambu