Laporkan Kekerasan Seksual Langsung Ke SAPA 129

Ilustrasi

Kasus yang dialami beberapa perempuan saat ini sedang marak terjadi, menurut data dari SIMFONI PPA Provinsi Bengkulu memiliki 157 kasus kekerasan mulai bulan Januari 2022 hingga 5 Oktober 2022.

Dari 157 kasus tersebut banyak dialami oleh perempuan usia 13 tahun sampai 17 tahun, kekerasan tersebut berbentuk pelecehan seksual. Pelakunya kebanyakan adalah kekasih atau teman korban di Sekolah.

Dengan bentuk kekerasan yang diterima korban membuat dirinya malu untuk melaporkan hal tersebut pada pihak yang berwajib ataupun takut bila lingkungan sekitarnya tidak mempercayainya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga membuka layanan untuk memudahkan korban kekerasan melaporkan tindakan yang sudah dialaminya.

Bagaimana caranya?

Korban kekerasan dapat melapor pada layanan SAPA 129 yang diakses melalui hotline 021-129, juga via Whatsapp di 08111-129-129.

SAPA 129 sendiri memiliki enam jenis layanan, yakni :

1. Layanan pengaduan masyrakat

2. Pelayanan penjangkauan korban

3. Pelayanan pengelolaan kasus

4. Pelayanan akses penampungan sementara

5. Pelayanan mediasi

6. Pelayanan pendampingan korban

Selain itu korban juga dapat melapor melalui forum online, Sistem pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, surat, hingga pengaduan langsung.

Layanan yang tersedia merupakan bentuk melaksanakan fungsi Implementatif Kementrian PPPA, tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2022 , yaitu penyediaan layanan rujukan akhir bagi perempuan dan anak korban kekerasan yang memerlukan koordinasi tingkat nasional, lintas provinsi, dan internasional.

Baca Juga
Tinggalkan komen