Logo

Langkah Pesepak Bola Wanita Bengkulu Bertanding di Level yang Lebih Tinggi

BENGKULU – Pesepak bola wanita di Bengkulu kini memiliki harapan yang lebih besar untuk menjadi olahragawan profesional. Harapan ini dimulai sejak adanya Asosiasi Sepak bola Wanita Indonesia (ASBWI) Provinsi Bengkulu 9 Desember 2017.

Ketua Umum ASBWI Provinsi Bengkulu, Wili Kartini mengatakan, ASBWI membuka peluang untuk wanita yang menggemari dunia olahraga sepak bola, naik ke jenjang yang lebih tinggi.

“Untuk memulai langkah awal kami melakukan pengenalan atau sosialisasi kepada masyarakat lewat ASBWI CUP Provinsi Bengkulu 2023,” kata Wili saat diwawancarai Bengkulunews.co.id Selasa (14/11/23) siang.

Ia mengakui keterlibatan wanita dalam dunia sepak bola di Bengkulu belum begitu dikenal. Kondisi ini yang melatarbelakangi adanya turnamen tersebut.

“Karena ini baru tahap awal, kami ingin mengenalkan dulu. Sepak bola wanita ini, terutama Bengkulu, belum begitu favorit. Maka untuk tahap awal saya ingin menyelenggarakan kompetisi ini supaya mereka nanti bisa bercerita, bisa anak-anak ini mencintai dulu sepak bola,” katanya.

Sebelumnya, sepakbola wanita Bengkulu sudah beberapa kali mengikuti turnamen. Seperti ajang Pra PON di Bangka Belitung dan PialaPertiwi di Sawangan 2017, namun belum di bawah naungan ASBWI.

Ia berharap, para pesepak bola wanita Bengkulu dapat mengasah kemampuannya melalui ASBWI. Wadah ini juga akan menampung pecinta sepak bola perempuan untuk naik level.

“Peluang untuk menang lebih besar daripada sepak bola laki-laki. Karena pesaingnya, kita masih setara dengan daerah lain,” ucap Willy.

Para pemain yang mengikuti turnamen ini nantinya akan diseleksi dan dibina di klub sepak bola.

“Saya juga berharap para peserta dapat giat untuk latihan, agar bisa mewujudkan mimpi sebagai pemain sepakbola handal untuk membanggakan Provinsi Bengkulu,” demikian Wili.