Logo

Koperasi Dermaga Kapal Pesisir, Terobosan DKP untuk Kesejahteraan Nelayan

Bengkulu – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu mendirikan koperasi untuk para nelayan. Ide pembuatan koperasi yang diberi nama Dermaga Kapal Pesisir datang dari nelayan itu sendiri.

“Pembuatan koperasi ini datang setelah saya turun ke lapangan dan bertatap muka langsung dengan para nelayan,” kata Kepala Dinas DKP Kota, Syafriandi yang juga pembina koperasi ini, Jumat (14/6/2019).

Syafriandi mengatakan melalui wadah koperasi ini nanti, menjadikan peluang para nelayan menjalankan usaha seluas-luasnya guna meningkatkan kesejahteraan nelayan. Dia menilai koperasi dapat menjadi kekuatan ekonomi nelayan karena dilakukan secara bersama-sama.

Berbagai bidang usaha juga dapat dilakukan dalam koperasi, antara lain pengadaan BBM, perbekalan untuk kebutuhan melaut dan bidang usaha lainnya.

“Jadi kebutuhan para nelayan tidak melalui induk semang lagi, semua sudah terakomodir melalui koperasi,” kata Syafriandi.

Untuk diketahui badan hukum pembentukan koperasi sudah diakta notariskan pada Kamis kemarin (13/6/2019). Sementara anggota Koperasi Dermaga Kapal Pesisir baru sebanyam 38 orang terdiri dari Pegawai dan penyuluh Dins Kelautan dan Perikanan Kota.

“Kedepan, saya menargetkan seluruh nelayan di Kota Bengkulu menjadi anggota koperasi Dermaga Kapal Pesisir. Untuk iuran wajibnya Rp500 ribu, dan iuran bulanan Rp50 ribu,” pungkasnya.

Dia menyarankan koperasi ini dapat digunakan sebaik-baiknya secara bersama-sama. keberadaan koperasi, sambungnya, memberikan kemampuan bagi nelayan untuk menjalin kemitraan dan bersinergi dari berbagai pelaku usaha lainnya dari hulu ke hilir.

“Kunci keberhasilan koperasi ada di bapak-ibu para nelayan. Saya yakin sektor perikanan dapat semakin berkembang asal dilakukan secara bersama-sama,” demikian Syafriandi.

Penulis : Imam Yusup