Logo

Kasus DBD Meningkat Sepanjang Januari

BENGKULU – Penyakit Demam Berdarah (DBD) sepanjang JanuariĀ 2019 mengalami peningkatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty mengatakan, dari 15 kasus yang dilaporkan, tujuh kasus dinyatakan positif DBD.

“Pada bulan Januari ini cukup meningkat dari hasil laporan masyarakat, namun 7 kasus DBD di Kota Bengkulu di nyatakan positif,” kata Susilawaty, Senin (28/01/19).

Susilawaty menambahkan, untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari penyebaran penyakit DBD.

“Bukan hanya menjalankan hidup sehat, masyarakat juga dihimbau untuk tidak memberikan kesempatan terhadap nyamuk untuk berkembang biak, seperti membuang sampah sembarangan, menutup genangan air, menguras tempat penampungan air dan lain-lain,” tutupnya.

Susilawaty berharap agar masyarakat tidak mudah percaya dengan gejala suatu penyakit. Sebaiknya harus diperiksa terlebih dahulu ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mengetahui penyakit apa yang sedang diidap.

“Saat ini masyarakat mudah sekali dengan gejala. Seperti misalnya batuk 1 minggu merupakan gejala TBC namun masyarakat langsung mendiagnosis bahwa orang tersebut mengidap penyakit TBC tanpa melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut,” tutupnya