Logo
Dempo Xler

Kabid PP 1 Bappeda Kota: Kontribusi PAD PTM berpotensi lebih tinggi

Emilda

Emilda

Emilda

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bengkulu, Emilda menyampaikan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dapat diperoleh di Pasar Tradisional Modern (PTM) khususnya pajak parkir bisa mencapai Rp 13 juta per bulan. Setoran yang selama ini hanya berada di angka Rp 2.1 juta dinilai sangat kecil jika dilihat dari banyaknya parkiran di PTM.

“Pajak parkir PTM ini menurut analisis kami potensinya lebih dari pembayaran mereka sekarang,” katanya, Kamis (23/3/2017).

Menindak lanjuti hal ini, Bappeda mengaku telah mengirimkan surat teguran pada pihak pengelola PTM untuk melakukan perbaikan.

Berkaitan dengan portal PTM yang diprotes oleh para pelaku usaha menurut Emilda, portal ini malah bisa jadi solusi terhadap peningkatan kontribusi PAD. Sebab, dari analisis BAPPEDA yang mengacu pada asumsi jumlah kendaraan yang masuk per hari dihitung sejak diberlakukannya portal elektronik hingga 20 hari ke depan peningkatannya cukup signifikan. Yakni mencapai angka Rp 24 juta per bulan.

“Kalau kita analisa sekarang untuk 20 hari aktif dan kita ambil angka 2 ribu saja, itu sudah 80 juta. Kalau kita berlakukan 30 persen dari pajak parkir itu berarti 24 juta masuk ke kami,” jelasnya.

Akan tetapi, walaupun berdampak positif terhadap kepastian perhitungan kontribusi, Emilda menyebutkan, tidak memerintahkan kepada pengelola untuk memberlakukan parkir elektronik.