Bengkulu News #KitoNian

Juri Menilai Persaingan Antar Peserta Lomba LDBI Berjalan Sengit

BENGKULU – Salah satu Juri Lomba LDBI 2023, Prof.Dr.Arono.NpD menuturkan bahwa persaingan antara peserta LDBI sangatlah sengit.

Hal tersebut dilihat dari kemampuan berbicara para peserta debat dalam menentukan topik, menyingkapi emosi yang diterima dan memaksimalkan waktu agar tidak terbuang.

Selain itu Aron menegaskan bahwa peserta sangat antusias dalam perlombaan tersebut dan sudah mempresiapkan diri dengan baik.

“Peserta ini merupakan perwakilan dari siswa terbaik se provinsi Bengkulu, di sana  terlihat dalam perlomban.  Mereka sangat antusias dan  siap bertanding dalam topik-topik  yang menarik.  Juga dengan  menggunakan bahasa Indonesia yag baik dan benar. Kita sudah melewati babak semifinal,  jadi sesi terakhir adalah finalnya,” kata Aron pada Bengkulunews.co.id Selasa (16/05/23) sore.

Adapun Ia menjelaskan ada tiga komponen yang dinilai dari setiap peserta, yakni isi debat, strategi dan penyampaian. Menurutnya dari babak pertama terlihat bahwa peserta memiliki penilaian di atas rata-rata untuk babak pertama.

“Karena mereka secara input sudah bagus. Pada Penyisahan kedua sudah baik, karena kita pilih zigzag antara pemennag di adu kembali. Secara dua babak dalam penyisiahan dan satu babak dalam semi final,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menghadirkan siswa siswi yang berkompeten dan membawa nama Provinsi Bengkulu ke tingkat Nasional.

“Harapannya dari lomba ini menghadirkan debater-debater yang unggul dari Provinsi Bengkulu. Karena lomba kompetitif, bagaimana anak muda di Bengkulu bisa mewakili dan bersaing di tingkat nasional,” demikian Aron. (Advetorial)

Baca Juga
Tinggalkan komen