Jelang Ramadhan, Warga Diingatkan Jangan Menimbun Bahan Pokok

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu, Darjana. Foto, Gita/BN

BENGKULU – Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Kota Bengkulu menggelar bazar sembako jelang Ramadhan 1444 H, Senin (20/03/2023). Hal ini dilakukan dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflansi Pangan.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu, Darjana, mengatakan kegiatan operasi pasar murah ini untuk menyediakan komoditas strategis penyediaan barang menjelang hari besar, dan hari nasional.

“Kami dari Bank Indonesia bersinergi bersama pemerintah Kota Bengkulu, melaksanakan operasi pasar murah atau bazar ini dalam rangka penyediaan komoditas strategis penyediaan barang jelang hari besar dan libur nasional,” ujarnya kepada Bengkulunews.co.id.

Ia juga menyampaikan bahwasanya ketersediaan bahan pangan dari Bulog dan Roda Mas sudah cukup serta jumlah stoknya sudah memadai. Untuk harga juga relatif stabil, hal ini diharapkan olehnya agar kegiatan ini bisa terus berjalan lancer hingga akhir Idul Fitri.

“Tadi kita sudah melihat bahwa barang-barang sudah tersedia cukup serta memadai dan harga relatif stabil, mudah-mudahan ini akan berjalan lancar sampai akhir Idul Fitri,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini harga sembako lebih murah dengan selisih Rp2-5 ribu dengan harga pasar, oleh sebab itu ia mengimbau para masyarakat untuk lebih bijak dalam membeli kebutuhan pangan.Ia juga mengatakan pembelian di pasar murah ini hanya bisa dilakukan sekali, dengan tujuan agar masyarakat tidak menimbun sembako untuk kepentingan pribadi.

“Kami sangat mengajak dan mengimbau ibu-ibu rumah tangga khususnya, juga menjaga agar tidak ada permintaan yang besar dalam waktu singkat, diharap tidak panic buying. Diharap agar lebih bijak membeli sesuai kebutuhan banyak, serta jangan menimbun,” jelasnya.

Pasar murah hari ini telah menyediakan komoditas yang lengkap, diantaranya ada beras, minyak, gula, cabai, bawang, dan telur.

Bank Indonesia yang bersinergi dengan pemerintah dalam TPID masih akan melangsungkan kegiatan operasi pasar murah ini di 43 titik dengan jadwal yang masih disusun dan akan segera di beritahukan nantinya.

Untuk kota Bengkulu hanya berjalan 1 hari, pada hari ini selanjutnya akan dilaksanakan dengan Kerjasama Bersama pemerintah provinsi Bengkulu, dan berlanjut di kabupaten-kabupaten yang ada di Bengkulu.

Video

Baca Juga
Tinggalkan komen