Logo

Jalan Putus Tanpa Penerangan, Camat Minta Warga Hati-hati

LEBONG, bengkulunews.co.id Hujan deras yang melanda Kabupaten Lebong mengakibatkan jalan lingkungan yang berada di Desa Tabeak Blau Kecamatan Lebong Atas amblas. Sehingga membahayakan warga sekitar yang sehari-harinya melintasi jalan tersebut.

Diungkapkan Camat Lebong Atas, Elva Mardiana, SE, M.Si, tanah yang labil diduga penyebab utama jalan tersebut amblas. Ditambah lagi, hujan deras yang mengguyur menyebabkan Air Smagai yang melewati jalan tersebut meluap dan menggerus pondasi jalan.

“Pondasi jalan yang tidak kuat menahan derasnya air akhirnya ikut terbawa derasnya arus air. Hingga mengakibatkan jalan yang telah dibangun rabat beton melalui anggaran desa tahun 201 lalu terputus dengan panjang sekitar 5 meter,” ungkap Camat, Kamis (30/3/2017).

Selain itu, Camat mengatakan jalan tersebut setiap harinya digunakan masyarakat untuk menuju ke Desa tetangga sama sekali tak bisa dilewati. Dikhawatirkan, masyarakat yang belum mengetahui jalan yang amblas bisa terperosok karena tidak adanya penerangan di jalan tersebut.

“Masyarakat disini yang umumnya berkebun sering melintasi jalan ini pada malam hari dengan menggunakan sepeda motor biasanya tidak menggunakan lampu. Apalagi, penerangan lampu jalan juga tidak ada. Untuk itu sementara kita pasang portal bambu di kedua sisi jalan agar tidak ada yang melintas,” sambung Elva.

Disamping itu, kejadian tersebut telah dilaporkan langsung ke Bupati Lebong. H. Rosjonsyah, S.Ip, M.si dengan ditembuskan kepada Dinas terkait. Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong.

“Kejadian ini sudah kita laporkan ke Pak Bupati, selain itu saya berharap kondisi ini dapat segera dilakukan penanganan dari Dinas terkait,” demikian Elva.