Logo
Dempo Xler

Ini Wilayah Rentan DBD di Seluma

Ini Wilayah Rentan DBD di Seluma

SELUMA, bengkulunews.co.id – Menurut Kasi Pencegahan, Pengendalian, Penyakit (P3) Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Fahrozan, wilayah Kabupaten Sukaraja merupakan daerah rentan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kondisi tersebut didasarkan karena topografi daerah Sukaraja yang landai, sehingga menyebabkan banyak genangan air sebagai tempat berkembangnya nyamuk Aedes Aigepty. Apalagi dimusim hujan seperti ini banyak air tergenang,” kata Fahrozan, Selasa (7/3/2017).

Beberapa waktu lalu telah dilakukan fogging pada 62 titik di Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, Lubuk Sandi, Seluma Barat, Seluma Kota dan Seluma Selatan.

Dalam waktu dekat akan dilanjutkan fogging ke wilayah Semidang Alas dan Semidang Alas Maras (SAM).

Tercatat hingga Februari 2017 di Seluma, didapat laporan dari warga ada 20 kasus, tetapi setelah dikonfirmasi berdasarkan uji di laboratorium yang positif hanya 11 kasus saja.

“Bahkan seminggu lalu ada warga Ulu Talo meninggal akibat DBD tetapi, belum diketahui apakah warga tersebut benar-benar menetap disana ataupun berasal dari daerah lain,” tambah Fahrozan.

Karena bila memang berasal dari daerah setempat maka, kawasan tersebut harus segera diseterilkan dari nyamuk aedes aegypti agar tidak menular pada warga lain.

Tahun ini fokus pada pencegahan sejak dini, sehingga fogging banyak dilakukan pada kawasan sekolah atau wilayah yang biasanya rentan adanya nyamuk penyebab DBD tersebut.

Kegiatan foging rutin pada tempat-tempat yang dianggap endemik nyamuk tetapi bisa juga dilakukan atas permintaan warga tanpa dipungut biaya.