Logo

Ini Langkah ORI Bengkulu Perkuat Partisipasi Masyarakat


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Ombudsman RI Bengkulu kembali menggelar kelas khusus segmen mahasiswa dari berbagai universitas di Bengkulu.

Acara yang mengangkat tema, ‘Potret pelayanan publik dalam perspektif mahasiswa’ ini digelar sebagai tindaklanjut dari pembentukan jejaring Ombudsman, yang diresmikan, pada 26 September 2017.

Jejaring yang diberinama ‘Sanak Ombudsman’ tersebut diisi berbagai kelompok dari kalangan Pelajar/Mahasiswa, NGO, dan kalangan Profesi.

”Segmen mahasiswa sangat penting dalam keterlibatannya mengawasi dan memperbaiki pelayanan publik. Mereka adalah calon pemimpin dan banyak bersentuhan dengan masyarakat secara luas,” kata Kepala Perwakilan ORI Bengkulu, Herdi Puryanto, Selasa (3/10/2017).

Menurut Herdi, dua materi ini penting untuk pemahaman sekaligus pengaplikasian peran mahasiswa dalam pengawasan pelayanan publik di lapangan.

”Dengan memahami apa itu Ombudsman serta pelayanan publik, mereka akan peka dan tahu terhadap maladministrasi yang terjadi. Kemampuan photography yang dimiliki dapat mendokumentasikan maladministrasi yang terjadi, agar tindak lanjut penyelesaiannya lebih mudah karena terdapat bukti,” pungkas Herdi.