Ini Hasil Dua Kali Mediasasi Warga Padang Betuah Dengan PT. GMP

BENGKULU TENGAH – Warga Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa, sepakat untuk membuka portal jalan menuju PT Giantara Mulya Pratama (GMP). Kata sepakat muncul pada mediasi warga bersama polda, kesbang pol, camat dan kepala desa setempat, Kamis (5/4/2018).

Hasil kesepakatannya yakni, portal jalan akan dibuka dan diganti dengan garis polisi, sebelum ada penyelesaian antara kedua belah pihak tidak ada yang boleh panen, PT GMP boleh memanen asalkan hasil dibagi dua dengan warga. Mediasi kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama digelar di Mapolda Bengkulu belum menemui kata sepakat.

Sebelumnya, warga Desa Padang Betuah memblokir askes masuk PT GMP. PT yang bergerak dibidang perkebunan ini dinilai tidak memenuhi perjanjian awal saat melakukan pembelian lahan warga.

“Awal permulaan terjadi nya negosiasi antara pihak pt dan masyarakat padang betuah tentang rencana pencadangan lahan untuk perkebunan wijen yg waktu itu tahun 1987 di adakan lah rapat musyawarah antara warga dengan pihak GMP,” ungkap salah seorang warga, Zawawi.

Baca Juga
Tinggalkan komen