Logo

Ingat Tanggal Ini! BI Buka Layanan Penukaran Uang Baru

Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra

KOTA BENGKULU, bengkulunews co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bengkulu, mulai membuka layanan penukaran uang bagi masyarakat Bengkulu.

Penukaran uang baru tersebut, direncanakan pada Selasa 12 Juni hingga Jumat 16 Juni 2017, di view tower Kota Bengkulu.

Tidak sampai disitu, penukaran uang akan kembali digelar pada Senin 19 Juni hingga 20 Juni 2017, di depan kantor RRI, Padang Jati Kota Bengkulu.

Kemudian, BI juga melayani penukaran pada Kamis 22 Juni hingga Jumat 23 Juni 2017 di bandar udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu.

Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, layanan penukaran uang sebelumnya sudah dimulai dengan layanan kas keliling, yang tersedia di tempat-tempat publik.

Seperti, pasar tradisional modern (PTM) Kota Bengkulu hingga terminal panorama Kota Bengkulu serta bank-bank yang ada di Bengkulu.

”Masyarakat dapat menukarkan uang baru, baik di kas keliling setiap hari pada titik-titik, yang telah ditentukan,” kata Endang, Kamis (8/6/2017).

Untuk itu, Endang meminta, perbankan melakukan persiapan dan sosialisai, dengan memasang spanduk pemberitahuan layanan penukaran uang.

”Tujuannya agar masyarakat mudah mendapatkan layanan penukaran uang untuk keperluan menyambut lebaran Idul Fitri tahun ini,” ujar Endang.

Selain itu, Endang menambahkan, Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, pada Ramadhan ini menyediakan uang penukaran sebesar Rp1,85 triliun.

”Pada bulan ramadan ini sebanyak 70 persen uang Tahun Emisi (TE) 2016 kami diedarkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik selama ramadaan dan menyambut Idul Fitri,” tambah Endang.

Dijelaskan Endang, dari 70 persen uang yang diedarkan, sebanyak 40 persen uang pecahan kecil juga diedarkan yang disuplai ke bank terdekat, untuk melayani pertukaran uang di Provinsi Bengkulu.

”Uang pecahan kecil tersebut mulai dari Rp20 ribu hingga Rp100 ribu,” pungkas Endang.