Logo

Hari Pertama UNBK di Kabupaten Rejang Lebong Terganggu

REJANG LEBONG – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP di Kabupaten Rejang Lebong sempat diundur karena mengalami gangguan pada server.

“Gangguan dialami empat sekolah, karena tidak bisa terkoneksi langsung dengan server milik Kemendiknas,” kata Kabid. Pembinaan SMP, Dikbud. Kabupaten Rejang Lebong, Hanapi, MM. Senin (23/4/2018).

Kendala itu diantaranya terjadi pada SMP 5 Rejang Lebong, server macet hingga pukul 08.30 WIB. SMP IT Khoiru Ummah hingga pukul 08.40 WIB dan SMP IT Rabbi Radhiyya hingga pukul 08.25 WIB. Sedangkan di SMP 1 mengalami gangguan pada dua ruangan saja.

Pihak panitia memberikan tambahan waktu sesuai dengan lamanya terjadi gangguan, sehingga tidak merugikan peserta. Secara teknis tidak mengetahui penyebab gangguan tersebut, tetapi menurut informasi gangguan terjadi di beberapa daerah lainnya.

Sedangkan untuk listrik dan jaringan internet tidak ada kendala, karena jauh-jauh hari pihak Dikbud. Rejang Lebong sudah berkoordinasi dengan PLN dan Telkom. Jumlah peserta UNBK se Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 1.506 siswa, berasal dari 9 SMP Negeri dan swasta serta 8 MTs Negeri/swasta.

“Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) pada umumnya berjalan dengan lancar dihari pertama, seperti tidak adanya kekurangan soal atau soal yang tidak terbaca,” tutup Hanapi.