Logo

Harganas, Alun Alun Rajo Malin Jadi Lautan Manusia

Bengkulu Utara – Alun-Alun Rajo Malin yang juga merupakan Icon Kota Arga Makmur, Ibu Kota Kabupaten Bengkulu Utara, tempat di pusatkannya Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019, menjadi ‘Lautan’ Manusia.

Selain para Peserta yang datang dari setiap Kabupaten/Kota, masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara baik Tua maupun Muda termasuk Remaja dan Anak-anak, terlihat berbondong-bondong menyerbu pameran produk unggulan dari setiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu pada Senin (29/7/19).

Penampilan Tari kolosal

Beragam penampilan menarik dari anggota Genre Provinsi Bengkulu, termasuk penampilan tari Kolosal oleh para Pemuda-pemudi yang tergabung dalam sanggar seni ‘Sikta Gema Pelangi’ semakin menambah meriahnya acara.

Kemariahan semakin terasa dengan kehadiran langsung Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Dr Hasto Wardoyo, SP, OG, Gubernur Bengkulu diwakili Sekretaris Daerah Provinsi, Nopian Andusti, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf SP MM, Wakil Bupati Benkulu Tengah, Wakil Bupati Seluma, Suparto, seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, dan selutuh FKPD Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.

Penyambutan dengan tari persembahan

Hasto Wardoyo mengaku sangat terpukau dengan beragam jenis kegiatan yang ia saksikan, terutama berbagai penampilan yang disuguhkan sangat merakyat tetapi dikemas secara modern.

“Tadi saya lihat mulai dari Keseniannya, Pamerannya yang sangat membumi dan merakyat, serta aktraksi-atraksi dengan sentuhan modern bernuansa lokal yang dikolaborasikan dengan fakta yang ada, termasuk ada sentuhan program BKKBN yang dikemas sedemikian rupa sehingga menghasilkan Penampilan Seni yang menyimpan makna.” Kata Hasto.

Untuk itu Ia berharap agar Harganas dapat menjadi sarana kampanye untuk mendorong masyarakat Provinsi Bengkulu, kususnya masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara bisa menciptakan Keluarga Sejahtera.

Bupati beserta rombongan masuk ke lapangan alun-alun

Selain itu, Hasto juga berjanji akan membuat laporan kepada Presiden RI, untuk menjadikan pelaksanaan Harganas di Bengkulu Utara sebagai bagian Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan Tahun 2020-2024.

Pemberian piala kepada Anggita genre

“Kami akan membuat laporan kepada Presiden. Bahwa ketika kami melakukan kunjungan ke lapangan masukan dari teman-teman di lapangan untuk dijadikan sebagai bagian Penyusunan Renstra. Oleh karenanya kami juga merekam seluruh kegiatan di Bengkulu Utara,” tambah Hasto.

Sementara Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian, mengatakan, bahwa ia sangat mengapresiasi Kepala BKKBN RI yang belum genap satu bulan menjabat sebagai orang nomor satu di BKKBN RI sudah berkenan berkunjung ke Kabupaten Bengkulu Utara.

“Dalam memberikan arahan beliau sangat lugas tentang bagaimana mensosialisasikan program BKKBN, mulai dari pengentasan kemiskinan, pendidikan keluarga sampai dengan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan berkarakter,” ujar Mian.

“Mudah-mudahan secara bertahap selain bisa menjadi filosofi bagi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, juga menjadi Sinergitas antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten termasuk Satuan Kerja yang ada, bahwa program KKBPK bukan hanya urusan BKKBN tetapi menjadi urusan elemen masyarakat guna bisa mencapai Keluarga Berencana yang sejahtera,” tambah Mian. (Adv)

Reporter : Dini Putri