Bengkulu News #KitoNian

Harga Ayam dan Telur Naik, Ini Alasannya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Jauhari Candra

LEBONG – Harga sebagian bahan pokok di pasar kabupaten Lebong naik signifikan pada ayam potong dan telur. Kenaikan terjadi dikarnakan bahan pokok tersebut masih dipasok dari luar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Jauhari Candra mengatakan, bahan pokok hewani berupa ayam potong naik Rp. 1000 dari harga 45.000 per Kg dan telur naik 4800 dari harga 28.000 per Kg sejak beberapa minggu yang lalu, hal itu, lanjut Jauhari, disebabkan pedagang kabupaten Lebong masih membeli dari kabupaten luar.

“Kenaikan yang signifikan cuma dua itulah. Karna di Lebong belum ada, jadi kita masih banyak didatangkan dari luar,” ujar Jauhari, Selasa (15/5/2018).

Untuk mengatasinya, lanjut jauhari, DKP melalui Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) dari dana APBN tahap dua, tahun ini akan diprioritaskan pada peternakan unggas, yang sebelumnya hanya untuk bibit sayuran. pemasokan kebutuhan protein dari luar, sambungnya, bisa teratasi.

“Nanti diharapkan kebutuhan protein masyarakat lebong, khususnya harga daging unggas dan telur bisa stabil dengan adanya pemeliharaan unggas pada KRPL yang ada didesa-desa,” tandasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen