Enam Tips Merawat Bunga Agar Tidak Mudah Layu

Enam Tips Merawat Bunga Agar Tidak Mudah Layu

Bunga merupakan tanaman yang selalu ada di setiap rumah. Tanaman bunga yang memiliki beragam jenis dan keindahan ini, sering juga dijadikan hadiah untuk orang tersayang.

Lalu bagaimana cara merawat bunga hidup pemberian orang terkasih maupun yang berada di rumah tetap segar dan tidak layu? Berikut tipsnya.

1. Siapkan wadah bersih

Jika anda memiliki bunga, utamakan mencari tempat bersih untuk meletakkannya. Jika wada atau vas bunga yang dimiliki kotor, maka akan membuat adanya mikroorganisme. Sehingga dapat memicu pembusukan pada bunga, oleh karena itu pilihlah wadah yang berleher lebar supaya bagian batang tidak terlalu erat dan utamakan kebersihannya.

2. Gunakan air hangat

Setelah memilih wadah yang bersih, letakkan air hangat yang sudah disiapkan. Kemudian sesuaikan jumlah air, agar batang tidak terendam terlalu tinggi. Penggunaan air panas ini bisa dibilang pengerasan, untuk membantu memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Air hangat ini memiliki molekul yang lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapannya.

3. Simpan pada subu ruangan normal

Letakkan bunga pada ruangan yang memiliki suhu normal, kebanyakan orang berfikir bahwa menyimpan di dalam kulkas akan lebih awet. Padahal yang terjadi adalah bunga akan lebih mudah layu. Hindari juga ruangan ber-AC, karena akan mengeringkat udara dan bisa memperpendek umur bunga.

4. Potong daun dan batang setiap hari

Buanglah daun yang terendam air, agar mengurangi pembusukan pada bunga. Caranya potong tangkai daun dengan gunting, agar tetap terlihat rapi. Selanjutnya potong batang bunga secara miring, untuk menperluas batang dalam menyerap air.

Potong sekitar 1cm sampai 3cm, usahakan jangan memotong menggunakan gunting karena hasil kemiringannya kurang baik. Cobalah menggunakan pisau yang tajam, agar batang tidak rusak. Pemotongan batang bunga bisa dilakukan setiap hari, agar bunga tetap segar.

5. Jauhkan dari sinar matahari

Letakkan bunga dengan kondisi jauh dari matahari langsung, karena bunga tertentu sangat sensitif dengan sinar natahari.

6. Rutin mengganti air

Hal penting yang tidak boleh tidak dilakukan adalah jangan lupa mengganti air pada vas setiap hari. Air yang tergenang biasanya mudah dipakai oleh bakteri, jamur dan alfa untuk bersarang dan berkembang biak oleh karena itu mengganti air setiap hari merupakan hal penting.

Baca Juga
Tinggalkan komen