Bengkulu News #KitoNian

Duta Genre Provinsi Bengkulu, Harumkan Daerah Lewat Kreatifitas

Duta Genre Provinsi Bengkulu yang meraih juara 2 putra Duta Genre Indonesia 2017, Andika Sahputra
Duta Genre Provinsi Bengkulu yang meraih juara 2 putra Duta Genre Indonesia 2017, Andika Sahputra

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Duta Generasi Berencana (Genre) Provinsi Bengkulu, Andika Sahputra, menyabet juara 2 di ajang Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas (Adu Jak) remaja Genre nasional 2017, yang dihelat 22 sampai 27 Oktober lalu di Padang. Kemenangan Andika mengalahkan Duta Genre dari 34 provinsi di Indonesia, berbangga juga, dari 2 pasang yang diusung Bengkulu tiganya masuk 10 besar.

Ini merupakan capaian yang luar biasa, apalagi, prestasi ini merupakan prestasi dalam ajang kreatifitas. Prestasi ini menunjukan, bahwa remaja Bengkulu mampu berkarya dan bersaing dengan daerah lain.

Sebagaimana, tujuan dari Adu Jak ini sendiri, selain memilih Duta Genre Indonesia, juga meningkatkan kreatifitas, pengetahuan dan pemahaman remaja tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Kami ingin tunjukan, bahwa remaja Bengkulu tidak kalah bersaing dengan kota lain. Walau remaja Bengkulu sering dibilang nyeleneh, tapi sekarang kami buktikan, kami remaja yang betul-betul bisa berkarya dan menginspirasi,” ujar Andika saat ditemui di Media Centre BKKBN Provinsi Bengkulu, Jumat (3/11/2017).

Dengan adanya Adu Jak ini, dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap remaja pengelola dan pelayanan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja. Juga meningkatkan kreatifitas remaja dalam pengembangan kegiatan-kegiatan program Genre ramah remaja pada PIK remaja dan Forum Genre Indonesia.

Selain itu juga, menumbuhkan semangat dan rasa memiliki wadah PIK remaja.

“Bagi saya, ini bukanlah perlombaan tapi ajang kreatifitas dalam membantu pemerintah untuk menciptakan keluarga sejahtera,” ungkapnya.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) ini, juga mengajak remaja di Provinsi Bengkulu untuk menyukseskan program pemerintah, khususnya program generasi berencanan untuk mewujudkan dan menyukseskan bonus demografi tahun 2030-2045.

“Mari kita sukseskan program Genre, yaitu tidak seks sebelum menikah, tidak menikah dini dan tidak menggunakan narkoba,” cetus Andika.

Hadiah yang didapatkan Andika dengan meraih juara, setengahnya akan ia sumbangkan untuk anak yatim dan remaja miskin, serta sisanya digunakannya untuk syukuran bersama Forum Genre Provinsi Bengkulu.

“Uang pembinaan yang saya dapat akan saya sumbangkan ke remaja miskin dan anak yatim, agar mereka juga menjadi remaja yang berkualitas. Di sana juga akan kami sosialisasikan tentang pogram Genre,” terangnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen