Logo
Dempo Xler

Disperindag Provinsi Bengkulu Ikuti Musrenbangnas Bidang Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2023

Disperindag Provinsi Bengkulu Ikuti Musrenbangnas Bidang Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2023

BENGKULU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Bidang Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2023.

Rapat tersebut sudah dimulai sejak tanggal 10 hingga 12 Mei 2023, bertempat di Kantor PPN/Bappenas RI. Tujuan acara ini adalah untuk membahas Desk Musrenbangnas 2023, yakni seputar usulan masing-masing daerah di Indonesia.

Usulan tersebut terkait pengembangan di bidang Perindustrian dan Perdagangan yang langsung dihubungkan dengan Kementerian Teknis Terkait. Adapun beberapahal telah disampaikan langsung oleh Kadis Perindag Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful sebagai berikut :

  1. Pembahasan Desk Musrenbangnas 2023 adalah tindak lanjut dari rakortekbangnas 2023, untuk membahas usulan yang diharapakan dibiayai dari Kementerian.
  2. Untuk Dinas Perindustrian diarahkan ke Kemenperin, yakni membahas usulan peralatan untuk pengolahan jeruk kalamansi. Dengan tujuan peningkatan produksi memenuhi permintaan yang meningkat.
  3. Dinas Perindag akan memperjelas kembali usulan peralatan pengelolahan jeruk kalamansi pada para pelaku usaha IKM, disesuaikan dengan program dan kegiatan yang ada di Kemenperin.
  4. Dinas Perindag akan mendata kembali IKM, melakukan pembinaan dan pendampingan One Village One Product (OVOP). Selanjutnya Sentra IKM akan melakukan bimtek produk unggulan untuk penumbuhan Wira Usaha Baru yang handal, fasilitasi HAKI (merk).

Empat poin utama itu merupakan kegiatan Kadis Perindag dalam mengisi jadwal acara Musrembangnas 2023.