Logo

Dishub Benteng Aktifkan Lagi Terminal di Pasar Pedati

BENGKULU TENGAH – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkulu Tengah akan mengaktifkan kembali terminal angkutan barang yang berlokasi di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Tengah, Zainal Abidin mengatakan, bahwa terminal barang di Desa Pasar Pedati akan mulai beroperasi pada tahun 2019 ini.

“Ini sudah ditargetkan untuk tahun 2019  sebesar 300 juta pertahun hasil dari restribusi Terminal tersebut,” ungkap Zainal Abidin, Selasa (12/02).

Ditambahkan Zainal, untuk fasilitas yang ada di lokasi terminal tahun ini dibangun dengan menggunakan anggaran ABPD melalui kegiatan bidang sarana dan prasana Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Sedangkan untuk fasilitas jalan masuk terminal, bangunan gedung direnovasi, dan fasilitas lainnya akan diperbaiki sehingga dapat berfungsi secara optimal,” tambahnya.

Untuk punggutan restribusi, sambung Zainal, bagi pengendara yang masuk terminal angkutan barang harus membayar karcis.

“Hal ini berdasarkan hukum untuk mengaktifkan terminal ini berpatokan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2012 tentang Restribusi jasa usaha,” tutup Zainal Abidin.