Logo
Dempo Xler

Diplomat Kemlu “Jual” Potensi Bengkulu ke Luar Negeri

Diplomat Kemlu “Jual” Potensi Bengkulu ke Luar Negeri

 

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Bengkulu, Diplomat madya Kementerian Luar Negeri (Kemlu) laksanakan kunjungan ke Provinsi Bengkulu pada 4 – 8 April 2017. Tujuannya, guna peninjauan lansung potensi daerah yakni perdagangan, ekonomi dan investasi, serta pariwisata di Kota Bengkulu. Tak hanya mengumpulkan data dan informasi, Kemenlu juga berikan kesempatan kepada Pemerintah daerah untuk promosi potensi sebagai diplomasi ekonomi kepada target pasar luar negeri.

“Kami sangat senang mendapatkan Kota Bengkulu apalagi setelah beraudiensi dengan gubernur, beliau pemimpin yang visioner. Kami yang dari kementerian luar negeri juga merasa kita bisa turut bersama-sama membantu mendorong visi misi dan program-program utama yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah Provinsi Bengkulu,” kata Yvonne Mewengkang, salah satu Diplomat Madya Kemlu saat memberikan keterangan pers di Media Center Humas Provinsi Bengkulu, pada Rabu (5/4).

Menurutnya, Bengkulu memiliki potensi yang sangat kaya, namun belum banyak didengar di luar. Berdasarkan audiensi dengan Gubernur Ridwan Mukti, saat ini Provinsi Bengkulu sedang berupaya mempercantik diri untuk menyambut investasi dari luar dan juga wisatawan asing.

“Apalagi nanti akan ada yang namanya Visit Wonderful Bengkulu 2020, yang menurut kami itu hal sangat menarik yang bisa menarik investor asing termasuk sektor pariwisata,” tuturnya.

Yvonne tak sendiri, bersama tiga rekan Dimplomat Madya lainnya, menjelaskan perannya untuk mendukung upaya diplomasi juga bertugaskan sebagai marketer yang harus menguasai apa saja potensi-potensi yang dimiliki Indonesia, khususnya Bengkulu. Maradona Runtukahu, Syahrul Murajjab dan Irma Riyani serta Yvonne juga bakal sosialisasi mengenai diplomasi di Universitas Bengkulu.

Sebelumnya, saat audiensi telah dipaparkan oleh Gubernur Ridwan Mukti mengenai potensi juga tantangan yang dihadapi. Menurut gubernur, selain kesempatan promosi kunjungan Diplomat Madya juga merupakan langkah membangun jaringan komunikasi, dan Provinsi Bengkulu membutuhkan hal itu.

“Tentunya ini menjadi spirit serta langkah berjejaring dengan Kemenlu untuk pengembangan potensi-potensi unggulan, demi mewujudkan Bengkulu yang maju dan sejahtera,” ungkap Ridwan Mukti yang juga menerangkan lima program prioritas Provinsi Bengkulu.