Logo

Dinas Pertanian Mukomuko Akan Bangun Delapan Titik Jalan Usaha Tani di Dua Kecamatan

MUKOMUKO – Dinas Pertanian Mukomuko merencanakan tahin ini akan membangun jalan usaha tani. adapun anggaran pembangunan jalan usaha Tani ini bersumber dari dana DAK pusat.

Plt Kadis Pertanian Pitriyani Illyas mengatakan, jalan usaha tani akan dikerjakan secara swakelola. Ini baru dilaksanakan karena selama ini proses pengerjaannya melalui PL maupun tender.

Jalan usaha yang akan dibangun itu ada 4 titik di kecamatan Selagan Raya dan 4 titik di kecamatan Lubuk Pinang. Keseluruhan JUT ini bersumber Dari Dana DAK, masing masing titik jalan itu dianggarkan Rp.100 juta.

“Saat ini masih dalam perencanaan , secara detail jalan yang akan dibangun belum jelas desanya, nanti kita infokan,” sampai Pitriyani, Selasa (19/03/2024).

Sementara dana yang bersumber dari APBD akan dialokasikan untuk pembangunan saluran irigasi yang berada di 3 titik di kecamatam Selagan Raya dan kecamatan V koto sebanyak 2 titik. Masing-masing titik jalan dialokasikan rata rata Rp 175 juta.

“Sama saja saat ini masih dalam perencanaan, pembangunan irigasi ini dari APBD kabupaten,” ujar Pitriyani.

Untuk diketahui, Jalan Usaha Tani (JUT) adalah merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian khususnya tanaman pangan dan holtikultura yang berhubungan dengan jalan desa.

Sementara jalan produksi merupakan jalan yang dibangun memotong atau berada pada jalur produksi baik tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan sehingga memudahkan mobilisasi sarana maupun prasarana pertanian dari maupun menuju lokasi usaha tani. (MT Hutasoit)