Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Desember, Karnaval Batik Internasional Dihelat di Bengkulu

Foto Pemkot Bengkulu
sip 1
Foto Pemkot Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali akan menggelar karnaval batik besurek pada 4 hingga 6 Desember 2017 mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan ini bakal digelar bertaraf internasional dan menjadi ajang promosi wisata dan batik khas Bengkulu agar bisa menembus pasar dunia.

”Melalui festival batik kain besurek dan bazar aneka produk batik daerah kita mempromosikan kepada masyarakat dan konsumen potensial, guna meningkatkan volume dan nilai pemasaran produk daerah dan memperluas jaringan pemasaran produk antar daerah di Indonesia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu Syarifuddin.

Sip 4
Foto Pemkot Bengkulu

Tak hanya sebagai wadah promosi, kegiatan Karnaval Batik juga merupakan upaya pemerintah dalam melestrasikan kekayaan seni dan budaya Indonesia.

”Diharapkan batik mampu terus hidup dan terus terpelihara selama dunia ini ada. Terlebih lagi saat ini, batik mampu menjadi produk kreatif yang bernilai tinggi sehingga memberi nilai tambah. Eksistensi batik secara umum sebenarnya telah diakui dunia. UNESCO misalnya, menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional,” sampai Syarifuddin.

Sip 2
Foto Pemkot Bengkulu

Dalam rangkaian kegiatan yang digelar dalam event ini selain bazar, yang dipusatkan di Bencoolen Mall dan Karnaval Batik dengan rute Simpang Lima Ratu Samban hingga View Tower juga digelar Festival Musik Dol, Lomba Drum Band, Workshop, Lomba Fashion Show dan Lomba Layang-Layang, serta pemecahan rekor MURI minum kopi 1000 cangkir gratis.

”Bagi yang ingin mendaftar, silakan datang ke Dinas Pariwisata Kota Bengkulu,” jelas Syarifuddin.

Sip 3
Foto Istimewa

Ditambahkannya pula, untuk menarik pengunjung, beberapa produk kreatif juga akan ditampilkan. Di antaranya, Produk Kain Batik Etnik, Kerajinan Tangan Tradisional, Barang Seni, Souvenir, Accesories, hasil-hasil Litbang di bidang Pewarnaan Batik, Tourism, Investment, Fashion Art.

”Kita juga melibatkan negara-negara asing untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bahkan beberapa waktu lalu Bapak Walikota sudah berkunjung dan mengundang ke beberapa kedutaan besar diantaranya Kedutaan Besar Iran dan Vietnam. Dan mereka menyatakan siap untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam kegiatan ini,” terang Syarifuddin.(redaksi)

Baca Juga
Tinggalkan komen