Desember, BPK RI Audit Keuangan Pemkab Bengkulu Tengah

ilustrasi 1st
ilustrasi 1st

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi akan mengaudit penggunaan anggaran Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah pada Desember mendatang. Audit ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai bentuk pemeriksaan penggunaan anggaran.

Hal itu disampaikan Asisten III Setdakab Benteng, I Putu Sura Artika.

“Kita sudah terima surat dari BPK. Mereka akan mulai mengaudit pada Desember ini,” kata Putu Sura Artika.

Sebab itu, Putu mengimbau kepada seluruh OPD untuk mempersiapkan berkas atau dokumen yang akan diaudit. Salah satunya yakni seluruh surat pertanggung jawaban (SPj) penggunaan dana. Baik itu dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ataupun anggaran yang bersumber dari dana pusat.

“Spj semuanya sudah harus siap dan jangan sampai ada yang ketinggalan,” kata Putu.

Putu mengungkapkan pemeriksaan merupakan salah satu upaya preventif untuk mengindari penyimpangan anggaran pemerintah. Dengan demikian, agar seluruh dana yang dikucurkan bisa diserap secara maksimal, tepat sasaran dan tepat guna.

“Dengan adanya audit BPK, OPD bisa melakukan introspeksi terkait penggunaan anggaran selama ini. Sehingga kedepan jangan sampai ada lagi TGR sehingga menjadikan Benteng gagal meraih WTP,” demikian Putu.

Baca Juga
Tinggalkan komen