Logo
Dempo Xler

Gapai Kesejahteraan, Desa Gunung Kembang Gelar Musrenbang dan Serap Aspirasi Pembangunan

Musrenbang di Kecamatan Manna

Musrenbang di Kecamatan Manna

Musrenbang Pemerintah Desa Gunung Kembang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan

bengkulunews.co.id – Guna menyerap aspirasi pembangunan masyarakat secara menyeluruh dan tepat guna, Pemerintah Desa Gunung Kembang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk Rencana Kerja Pembangunan (RKP) desa tahun 2017.

Dalam kesempatan ini Camat Manna, Zaheral, S.Sos, MM, mengatakan, dirinya mengapresiasi kesadaran warga yang aspiratif dalam musyawarah tahunan ini. Dia ingin, warga desa kiranya berperan aktif dalam segala bentuk kegiatan yang diselenggarakan di desa, terlebih  dengan adanya dana desa, mempermudah pembangunan dari tingkat bawah.

“Melalui musyawarah ini hendaknya warga menyadari akan pentingnya peran serta dalam upaya menjaga dan mendukung pembangunan desa, agar terpenuhi skala prioritas serta transparansi pembangunan. Oleh karena itu dalam kegiatan ini sampaikanlah ide atau gagasan demi kemajuan bersama,” ujar Zaheral.

Dalam rapat Musrenbang tahun 2017 ini, warga sempat melontarkan usulan. Salah satunya, Bahanudin, selaku tokoh masyarakat mengusulkan agar dibangun mesin pompa air untuk pengairan lahan pertanian desa. Ia ingin ini masuk dalam rencana anggaran, sebab hal ini sangat dibutuhkan warga guna mengairi lahan persawahan yang menjadi mata pencaharian pokok mayoritas desa setempat.

Kepala Desa Gunung Kembang, Indri Jono

Menanggapi berbagai usulan warga, Kepala Desa Gunung Kembang, Indri Jono, menyambut baik dan menyatakan siap menampung semua usulan warga meskipun diakuinya aspek kepentingan mendesak ataupun skala prioritas pembangunan akan tetap menjadi pertimbangan.

“Semua aspirasi insya allah akan kami upayakan. Namun, perlu kita ketahui bersama dengan terbatasnya jumlah dana desa yang dikucurkan per tahunnya, tentu menjadi kendala dalam memenuhi usulan secara bersamaan. Skala priotasnnya seperti pembangunan fisik jalan, pembelian lahan desa, pengadaan alat pertanian dan pembangunan akhlak tentu akan segera direalisasikan,” jelasnya.

Hasil mufakat Musrenbangdes tahun 2017 ini, pihak Pemerintah Desa dan warga  bermufakat untuk merencanakan pembangunan fisik dan non fisik. Diantaranya, pembukaan jalan sentra produksi tani, rehab bangunan desa, alat pertanian, pembangunan tangga beton akses sungai dan ladang desa, peningkatan fasilitas dan honorarium pengurus mesjid dan Paud serta lahan dan sarana olahraga.

Diharapkan Indri Jono, semoga rencana pembangunan ini bisa terealisasi dengan baik. Demi terciptanya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa Gunung Kembang khususnya.

“Mari berperan aktif membangun dan menjaga setiap proses pembangunan desa bersama-sama, transparansi kita dijunjung tinggi, guna menyongsong hidup lebih baik,” harapnya.

Bertempat di Balai Desa Gunung Kembang hadir Kepala Camat Kecamatan Manna, Zaheral, S.Sos, MM, Danramil Manna diwakili Babinsa Sulaiman, Kapolsek Manna diwakili Kambtibnas, Bripka Sahreza Vahlepi, Kepala Desa Gunung Kembang Indri Jono dan Ketua BPD Robi Edwards. Tidak ketinggalan juga LPM, pengurus Mesjid, perangkat desa, tokoh masyarakat dan puluhan warga desa Gunung Kembang.(Heru/prw)