Logo
Dempo Xler

Pemkab Bengkulu Selatan Pecahkan Rekor MURI Membaca Terbanyak

Pemkab Bengkulu Selatan Pecahkan Rekor MURI Membaca Terbanyak

BENGKULU SELATAN, bengkulunews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan dipastikan memecahkan rekor membaca terbanyak, dengan klaim jumlah 131.000 partisipan oleh pihak perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI) ini secara otomatis mematahkan rekor 80.000 partisipan milik Pemkab Sidoarjo.

Menarik dicermati perihal peserta literasi BSM yang dicatat oleh MURI sejumlah 131.000 orang, jumlah ini persis dengan proyeksi data panitia ketika rapat pemantapan acara BSM terakhir di Gedung Pemuda, Senin (20/2/17).

Pada rapat tersebut diproyeksi peserta sebanyak 131.281. Rinciannya pelajar yaitu 6.474 Murid TK/PAUD, 22.426 Murid SD, 8.916 Murid SMP, 7.851 Murid SMA, 1.655 Murid SMK, 4.959 PNS, dan 79.000 Masyarakat Umum.

Perwakilan MURI yang hadir pada acara BSM, Awan Rahargo kepada awak media mengatakan bahwa untuk melakukan penghitungan jumlah peserta, mereka melakukan validasi data berdasarkan daftar peserta yang hadir.

“Kami memang ada beberapa teknik penghitungan dari selain memang penghitungan manual. Akan tetapi dengan teknik penghitungan hari ini, MURI akan memvalidasi dari daftar hadir peserta yang memang mereka memenuhi undangan dari sebelas kecamatan yang ada di Bengkulu Selatan,” katanya.

“Oleh karenanya data peserta yang nanti akan kami terima, kami himpun dan itu memang sudah melalui proses dan validasi. Dan juga apa bertanggungjawab penuh langsung dari dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan,” katanya lagi.

Piagam penghargaan resmi diserahkan ke pihak Pemkab Bengkulu Selatan oleh pihak MURI dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Anggota DPR RI komisi 10 Dewi Coryati, kepala perpusda BS dan tamu undangan lain.