Logo
Dempo Xler

Bangun Jalan Sungai Lisai, Balai Besar TNKS Beri Sinyal

Kepala Bidang Teknis Balai Besar TNKS, Rusman

Kepala Bidang Teknis Balai Besar TNKS, Rusman

Kepala Bidang Teknis Balai Besar TNKS, Rusman

LEBONG, bengkulunews.co.id – Warga Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis akhirnya bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya perjuangan untuk membangun jalan dari Desa Sebelat Ulu hingga Sungai Lisai yang membelah Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) disetujui oleh Balai Besar TNKS Sungai Penuh, Jambi. Seperti yang dikatakan Kepala Bidang Teknis Balai Besar TNKS, Rusman usai rapat bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong di aula Bappeda Lebong, Selasa (21/2/2016).

“Intinya Balai Besar TNKS menyetujui dibangunnya akses jalan menuju Desa Sungai Lisai. Mengingat desa tersebut sudah ada sebelum TNKS ini ada dan lebih arah kemanusiaan juga. Seperti penduduk desa yang sakit harus ditandu berkilo-kilo meter untuk mendapatkan penanganan medis,” kata Rusman.

Ditambahkan Rusman, timnya bersama dinas Pekerjan Umum (PU) dan Dinas Pertanian sudah melakukan survei ke lapangan sejak hari senin (20/2/2016) kemarin. Survei tersebut guna untuk memastikan agar dibangunnya jalan tersebut. Lebih jauh, Rusman mengatakan untuk tetap menjaga hutan TNKS terhindar dari pembalakan liar akibat dibangunnya jalan tersebut perlu di buat fakta integritas antara warga desa, Pemda dan Balai Besar TNKS.

“Namun ada aturan khusus untuk pembangunan jalan seperti lebar jalan tidak boleh melebihi dari 1,5 meter dan hanya boleh di rabat beton seperti jalan PNPM,” demikian Rusman.