Logo

Amankan Kawasan Laut, Lanal Sinergi dengan Polda Bengulu

Bengkulu – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu siap bersinergi bersama Polri dalam melakukan pengamanan kawasan laut dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa yang boleh dan tidak dilakukan oleh masyarakat di wilayah perairan.

Hal ini disampaikan Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi kepada awak media yang menemui usai pelaksanaan Patroli Bersama TNI dan POLRI dalam rangka Operasi Pukat Nala 2019 yang dipimpin langsung Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman, MH, serta Pejabat Utama Polda Bengkulu Jumat (20/12/19).

Disampaikan Danlanal, patroli bersama TNI/POLRI menggunakan 1 unit Kapal dari TNI AL Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Mego, 4 Unit Kapal dari Direktorat Polair Polda Bengkulu dan 1 unit Kapal DKP Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulilah kegiatan berjalan lancar dan walau tidak menemukan pelanggaran hukum seperti penggunaan trawl, patroli bersama memang lebih mengedepankan tindakan pencegahan melalui pendekatan tegasnya,” ungkap Danlanal Bengkulu.

Kapolda Bengkulu didampingi Kabid Humas AKBP Sudarno, menjelaskan bahwa kegiatan patroli yang dilakukan merupakan wujud sinergitas antara TNI – Polri untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif di wilayah Provinsi Bengkulu. Serta memastikan wilayah perairan laut Provinsi Bengkulu bebas dari segala bentuk praktek Illegal Fishing.

“Kegiatan patroli bersama hari ini tidak hanya akan di lakukan sekali ini akan tetapi akan di laksanakan secara berkesinambungan guna menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya masyarakat nelayan yang menggantungkan hidupnya lewat laut,” ungkap Kapolda Bengkulu.

Disela kegiatan patroli, Rombongan Kapolda dan Danlanal juga menyempatkan diri berkunjung ke Pulau tikus untuk melihat lebih dekat kondisi terkini dari pulau yang menjadi salah satu aset wisata bagi Provinsi Bengkulu.

Ikut dalam rombongan Patroli Kapolda Bengkulu tersebut, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs. Sahimin Zainudin, M.M., Karo Ops, Karo Log, Dir Polair, Dir Sabhara, Kabid Humas dan beberapa awak media baik cetak maupun elektronik.

Penulis: Yudi Arisandi