Berita bengkulu
Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Alasan ‘Perang Harga’ Sekolah Swasta dengan Metode Early Bird dan One Year Full Payment

Ilustrasi. Ryan Aditya Benyamin

Sudahkah para orang tua mempersiapkan sekolah dasar terbaik untuk pendidikan awal anak-anaknya? Apakah faktor biaya dan lokasi menjadinya satu-satunya pilihan memilih Sekolah Dasar yang tepat untuk anak untuk para orang tua?

Seperti dikutip dari artikel laman Kemendikbud : “Memilih sekolah dasar yang tepat untuk anak merupakan keputusan penting yang akan berdampak pada masa depannya. Banyak orang tua menganggap bahwa sekolah yang mahal adalah pilihan terbaik. Tetapi sebenarnya, biaya sekolah bukanlah satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan. Diantaranya: kurikulum dan metode pembelajaran, kualitas pengajaran, lingkungan sekolah yang bersahabat, kualitas akademik dan prestasi sekolah dan yang terakhir namun penting yaitu opsi finansial yang tersedia ”.

Namun dari semua faktor tersebut, opsi finansial antara tarif yang dikeluarkan lembaga pendidikan dan  kemampuan keuangan calon orang tua murid salah satu yang paling penting.

Potongan Uang Pangkal sampai Rp. 3 juta*, siapa sih yang bisa menolak?” , ujar pernyataan dari laman web salah satu sekolah swasta kristen terkemuka di Indonesia.

Hampir seluruh sekolah swasta dengan biaya pendidikan menengah sampai menengah atas, mengeluarkan promosi early bird & 1 year full payment sebagai tren promosi pendidikan saat ini.

Dalam teori pemasaran STP (segmenting, targeting dan positioning), promosi ini efektif bagi konsumen atau calon orang tua siswa dari segmen ekonomi menengah atau menengah atas karena sudah tentu bagi mereka berusaha tidak melewatkan kesempatan mendapatkan biaya pendidikan yang lebih rendah melalui program early bird, yang mana dana tersebut akan diusahakan sedemikian adanya untuk kepentingan masa depan anak namun dapat menghemat anggaran pendidikan dari biaya yang seharusnya.

Misalkan salah satu sekolah dasar swasta di Gading Serpong, Jakarta mengumumkan uang pangkal masuk sekolah untuk tahun 2024/2023 sebesar 58 juta rupiah, namun jika mengambil promo early bird dapat membayar sebesar 45,9 juta rupiah atau ada diskon senilai 12 juta rupiah. Adapun salah satu sekolah dasar internasional di BSD, Jakarta mengumumkan uang pangkal masuk sekolah sebesar 99 juta rupiah, namun jika mengambil promo early bird dapat membayar sebesar 85.7 juta rupiah atau 13.3 juta rupiah lebih murah. Early bird adalah penawaran awal yang tersedia dengan harga lebih murah, tetapi Anda harus membeli lebih awal dari biasanya. Dalam

Jangan heran dengan istilah promosi early bird karena ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang nyatanya sangat menggiurkan bagi para orang tua juga menguntungkan bagi penyedia jasa bisnis pendidikan. Cara ini biasanya memberikan harga yang lebih murah jika konsumen mengambil keputusan untuk membayar lebih dini dari waktu pembayaran biasanya.

Dengan menerapkan strategi tersebut, maka konsumen atau para orang tua akan berpikir cepat untuk memutuskan membayar paket early bird tersebut. Memang, cara ini dianggap sesuatu yang cukup beresiko karena terkesan seperti mengurangi opportunity cost uang masuk yang seharusnya didapatkan. Namun, dengan menggunakan cara ini akan meningkatkan antusiasme orang tua segera mendaftarkan anak-anaknya dan segera mengumpulkan modal dari uang pangkal secara utuh lebih dini.

Strategi early bird ini memanfaatkan kondisi psikologis para calon orang tua murid dan juga merupakan kunci dari strategi FOMO atau Fear Of Missing Out. Strategi ini merupakan strategi bisnis yang dinilai ampuh untuk menarik minat para calon orang tua murid untuk segera melakukan transaksi atau pembayaran uang pangkal segera mungkin. Dengan memanfaatkan rasa takut ketinggalan promo sebelum berakhir, tentu berdampak tingginya minat orang tua murid yang membayar uang pangkal agar dapat menyekolahnya anaknya di sekolah yang terbaik sesuai impian keluarga bersama.

Dalam prakteknya, strategi ini menunjukkan bahwa calon orang tua murid mungkin telah melewatkan kesempatan promo early bird yang cukup menguntungkan sehingga pihak lembaga pendidikan akan memberikan alternatif lain. Misalnya sebuah promo one year full payment uang sekolah yaitu diskon satu bulan biaya sekolah atau dengan membayar hanya 11 kali biaya sekolah di muka dari 12 kali biaya yang seharusnya. Tentunya hal itu, memberikan daya tarik yang menguntungkan bagi orang tua murid karena dapat menghemat 1 bulan biaya sekolah dalam satu tahun kedepan. Tentunya promo tersebut tergantung pada kemampuan masing-masing calon orang tua murid dengan pertimbangan finansial keluarga dalam 12 bulan kedepan.

Bagi pihak lembaga pendidikan atau yayasan pendidikan, promo ini tentunya telah dipertimbangkan dengan baik yaitu untuk menarik lebih banyak calon orang tua siswa baru, kesempatan untuk memperkenalkan nama sekolah juga fasilitas-fasilitas yang dimiliki dan juga meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dari lebih banyak siswa yang lebih awal mendaftar di awal tahun ajaran baru.

Sekarang Bapak dan Ibu orang tua sudah mengerti apa saja promosi yang dapat dipertimbangkan untuk menentukan pendidikan anak ? Yang terpenting adalah mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan gaya belajar anak Anda. Evaluasi kualitas pengajaran, lingkungan sekolah, dan prestasi akademik. Selain itu, jangan lupa untuk menjelajahi pilihan finansial yang tersedia. Dengan melakukan penelitian yang cermat, para orang tua akan dapat menemukan sekolah dasar yang tepat untuk anak tanpa harus mengorbankan keuangan.

Ditulis Oleh :

Ryan Aditya Benyamin

Magister Manajemen Teknologi (2023), Fakultas Bisnis, President University

Baca Juga
Tinggalkan komen