Logo

Aksi Solidaritas #NyalaUntukYuyun

bengkulunews.co.id – Tagar #NyalaUntukYuyun semakin ramai di media sosial. Tagar ini merupakan aksi dan bentuk solidaritas netizen terhadap YN, seorang siswi SMP yang baru berusia 14 tahun. YN diperkosa secara bergiliran hingga meninggal dunia oleh 14 orang di Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. 12 orang dari 14 orang pelaku tersebut sudah berhasil diringkus jajaran Polres Rejang Lebong.

“Sahabat, kita semua sibuk bicara hal2 ‘besar dan penting’ tentang negeri ini, termasuk kebusukan sebagian pemimpin dan elite bangsa. Lalu kita melewatkan sebuah tragedi kemanusiaan di salah satu pelosok bumi nusantara…IBU PERTIWI KEMBALI MENANGIS…. #NyalaUntukYuyun Simpati untuk Siswi SMP yang Tewas Diperkosa 14 Pemuda” tulis akun Herry Tjahjono.

“Sebelum meneruskan membaca, saya meminta Anda untuk sejenak memejamkan mata lalu membayangkan wajah perempuan yang paling Anda cintai. Saya ingin bertanya, jika perempuan yang paling Anda cintai itu ditemukan tewas di kedalaman jurang, tanpa busana, tangan terikat, vagina dan tubuh penuh bekas luka akibat diperkosa 14 orang lelaki, bagaimana perasaan Anda? Bagaimana perasaan Anda jika ternyata 12 orang pelaku yang berhasil ditangkap hanya diancam dengan hukuman 30 tahun penjara?—#NyalaUntukYuyun” kata Langit Amaravati dalam akun facebooknya.

Dukungan dengan tagar #NyalaUntukYuyun tidak hanya melalui media sosial, facebook ataupun twitter, melainkan media lainnya. Bahkan banyak juga netizen yang menyuarakan aksi solidaritasnya melalui video yang diunggah ke Youtube. (126)