Logo

37 Desa di Lebong Belum Punya Perpustakaan

LEBONG – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kabupaten Lebong berharap pemerintah desa (PMDS) mengadakan perpustakaan desa guna menumbuhkan minat baca masyarakat.

Kepala dinas DKPD Lebong, Firdaus mengatakan. Dari 104 yang terdiri dari desa dan kelurahan dengan rincian 93 desa dan 11 kelurahan dikabuaten Lebong yang ada di 12 kecamatan, 67 diantaranya sudah memiliki perpustakaan 37 belum. 37 yang terdiri dari desa maupun kelurahan yang belum, sambungnya, akan di upayakan sebelum pemilihan kepala daerah yang akan datang.

“Sebelum masa jabatan beliau berakhir nanti, yang belum akan segera diadakan seratus persen,” Katanya, Jumat (16/3/2018).

Berdirinya perpustakaan desa, kata dia, merupakan upaya untuk melaksanaan pemberdayaan sumberdaya manusia di daerah terpencil sesuai dengan nawa cita presiden yang tercatat sebagai program pengembangangan sumberdaya manusia non dasar, yang berkategori harus dilaksanakan.

Pemda Lebong, sampainya, hanya bertugas membantu menyampaikan usulan pengadaan kebutuhan perpustakaan desa kepada provinsi dengan catatan ada laporan mengenai tempat dan struktur kepengurusan perpustakaan desa dari Pemdes, Selain itu, sambungnya, akan diberikan pembinaan manajemen perpustakaan kepada pengelola dan honor sebesar 200 ribu setiap satu bulannya.

“Setelah berdiri nanti kita akan melakukan pelatihan seperti mengelola dan bagaimana memberikan pelayanan,” ujarnya.

Di katakan firdaus, desa yang belum mengusulkan pembentukan perpustakaan, rata-rata karena terkendala ruangan desa yang belum ada untuk dijadikan perpustakaan desa.

“Yang namanya perpustakaan itu harus ada gedung,” sampainya.