Logo

Dampak Besar Program Bangga Berwisata di Indonesia Bagi Pelaku IKM Bengkulu

BENGKULU – Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) merupakan program dari pemerintah bertujuan untuk mendorong minat dan kebanggaan masyarakat Indonesia dalam berwisata di dalam negeri.

Penanggung Jawab Toko Kerajinan dan Oleh-oleh Fajri Craft,  Ahmad menuturkan adanya program BBWI akan berdampak pada pengembangan pariwisata yang ada di Indonesia terkhusus Bengkulu.

Menurutnya jika pariwisata di Bengkulu, dikembangkan maka secara tidak langsung wisatawan akan berdatangan dari berbagai daerah. Sehingga secara otomatis kerajinan maupun oleh-oleh khas Bengkulu, dapat sampai ke tangan wisatawan dan memperkenalkan produk tersebut.

Penanggung Jawab Fajar Craft, Ahmad. Foto, Cindy/BN.

“Tentunya dampak yang akan diberikan sangat besar ya, karena di sentra ini pasaran kita costumrenya dari luar Bengkulu. Karena kalau dari masyrakat Bengkulu sendiri kuranglah,” kata Ahmad saat dijumpai Bengkulunews.co.id Rabu (21/06/23) siang.

Tidak hanya memperkenalkan produk khas milik daerah, pengembangan pariwisata juga berdampak pada pendapatan setiap usaha yang ada di Bengkulu. Selain itu Ia juga menegaskan adanya peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, dalam memajukan IKM/UMKM sangatlah besar.

Ahmad sendiri mengaku tertolong, karena lewat disperindag Provinsi Bengkulu mereka dapat memperkenalkan produknya lewat berbagai pameran. Disperindag Provinsi Bengkulu juga sering membawa para tamu, untuk langsung memperlihatkan hasil mahakarya dan produk Bengkulu ke tempat usahanya.

“Mereka bantu kita promosikan produk di berbagai pameran ya, kemudian juga ketika ada tamu dari luar disperindag ini mengarahkanlah ke tempat-tempat binaan mereka. Jadi kami merasa tertolong, sehingga prodak kita semakin di kenal. Pendapatan toko juga bertambah,” tegasnya.

Ia berharap tempat wisata di Bengkulu, dapat semakin dikembangkan. Sehingga menarik minat para wisatawan untuk berkunjung di Bengkulu. Juga dapat menambah pendapatan para pengerajin maupun pemilik usaha di Bengkulu.

“Kita harapannya tempat wisata di Bengkulu, makin banyak di bangun. Supaya banyak orang dari luar dapat bewisata ke Bengkulu dan bisa berbelanja di kita,” demikian Ahmad. (Advetorial)