Bengkulu #KitoNian

262 Mahasiswa Program Kampus Mengajar Diturunkan ke 57 Sekolah Se Provinsi Bengkulu

BENGKULU – Sebanyak 262 Mahasiswa dari 6 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Provinsi Bengkulu akan mengikuti Program Kampus Mengajar (PKM) Angkatan ke-7 tahun 2024. Para mahasiswa ini akan diturunkan ke 57 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu, Widyati Rosita menuturkan bahwa PKM ini berbeda dengan PKM tahun 2023 lalu, yang mana penempatan sekolah ditentukan oleh pihak kementerian.

“Pada angkatan ke-7 ini penempatan mahasiswa diusulkan dari masing-masing daerah, ini setelah Kami BPMP dengan Dikbud setempat melakukan zoom dan diskusi dengan pihak kampus mengajar, kami minta mereka (mahasiwa) yang memilih karena mereka yang tau persisi kondisi sekolah dan keterjangkauan mereka ke sekola,” Katanya pada Bengkulunews.co.id, Senin (19/02/2024).

Dilanjutkannya, para mahasiswa akan mengajar di sekolah setiap harinya selama kurang lebih empat bulan dan ada 30 dosen pembimbing yang akan terlibat di program Kampus mengajar ini.

“Mereka akan standby di sekolah masing-masing nantinya,” ucapnya.

Selanjutnya, mahasiswa kampus mengajar tersebut sebelum berangkat sudah mendapatkan Bimbingan teknis (Bimtek) dari kampus mengajar selama 7 bulan dan mendapatkan berbagai materi dan pembelajaran serta leadership.

“Mereka mendampingi satuan pendidikan itu khusus, memastikan bahwa mereka bisa memberikan tambahan informasi kepada guru-guru tempat mereka ditempatkan bagaimana meningkatkan literasi dan moral dari kesatuan pendidikan,”ungkapnya.

Sementara itu, turut hadir Staf Khusus Menteri (SKM) Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Fransiska, ia mengatakan program ini diluncurkan sebagai usaha untuk meningkatkan literasi dan numerasi dengan pemulihan pembelajaran. 

“Melalui PKM ini, berusaha meningkatkan literasi dan numerasi dengan pemulihan pembelajaran dengan salah satunya ya melalui program kampus mengajar ini,” tutupnya.

Diketahui, di Bengkulu Program Kampus Mengajar ini sudah dilakukan pada tiga angkatan dari tahun 2021 lalu dengan total alumni yang sudah dilepas kisaran 500 orang. 

Baca Juga
Tinggalkan komen