Logo

150 Juta Pohon Cabai Ditanam, Antisipasi “Pedasnya” Harga

foto : istimewa

foto : istimewa

foto : istimewa

NASIONAL, bengkulunews.co.id – Melalui Gerakan Nasional Penanaman Cabai (Gertam Cabai) yang pencanangannya dilakukan di Jawa Timur beberapa waktu lalu, pemerintah berencana akan melakukan penanaman 150 juta pohon cabai di seluruh Indonesia.

Dijelaskan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, bahwa selain pencanangan Gertam kesempatan tersebut juga diberikannya nama untuk varietas cabai baru dengan nama cabai Jawa Timur Pakde Karwo 1 (JTK 1).

“Ini cabai varietas baru, rasanya pedes sekali dan produksinya sangat besar bisa mencapai 20 ton per hektar. Dan untuk menghargai kehebatan Jawa Timur dan Gubernurnya maka varietas cabai ini kita namai JTK 1 (Jawa Timur Pakde Karwo 1),” ujar Mentan Amran di kantor BPTP Jawa Timur, Surabaya, beberapa waktu yang lalu.

Mentan Amran menjelaskan, bibit varietas cabai inilah yang akan disebarkan secara gratis kepada ibu-ibu rumah tangga untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing di Indonesia. Dirinya berharap fenomena mahalnya harga cabai tidak akan terjadi lagi di masa-masa yang akan datang.

“Pemerintah menargetkan sekitar 50 juta pohon cabai akan ditanam tahun ini, pada 10,3 juta hektar lahan pekarangan di seluruh Indonesia. Ini adalah solusi permanen, bisa dibayangkan kalau 60 juta rumah tangga tanam cabai, hanya 5 batang per rumah tangga, masalah cabai selesai. Bisa dinikmati tujuh sampai delapan bulan kedepan. Sedangkan yang ditanam petani bisa dialokasikan untuk ekspor,” jelas Mentan Amran.

Bibit cabai ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat dengan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK dan Dinas Pertanian yang selanjutnya akan membina kelompok penerima melalui kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Gertam Cabai diharapkan dapat membantu ketersediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga sekaligus untuk mengatasi tingginya fluktuasi harga cabai yang terjadi setiap tahun.

“Kami akan memanfaatkan seluruh BPTP sebanyak 44 di seluruh Indonesia melakukan pembibitan seperti cabai, sayur, dan buah-buahan tertentu yang diperuntukkan perkarangan rumah tangga yang memungkinkan untuk ditanami,” pungkasnya.

Pencanangan Gertam Cabai di Jawa Timur ini ditandai dengan penanaman bibit cabai bersama-sama oleh Mentan Amran, Sukarwo (Pakde Karwo), Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI I Made Sukadana, Ketua Wahid Foundation Yenny Wahid, Ketua TP PKK Jawa Timur Nina Kirana Soekarwo (istri Pakde Karwo), Kepala Dinas Provinsi Jatim, serta IWAPI Jawa Timur.

sumber : dikutip dari situs resmi kementerian pertanian