10 Bulan, Penderita Malaria Tembus 126 Kasus

Foto ilustrasi. Foto Ist

REJANG LEBONG, bengkulunews.co.id – Kasus penderita malaria di Kabupaten Rejang Lebong, pada tahun ini tembus diangka 126 kasus. Jumah itu terhitung sejak 10 bulan terakhi (Januari-Oktober).

Angka penderita itu mengalami peningkatan dari tahun 2016, yang mana di tahun lalu penderita tercatat sebanyak 105 kasus.

”Kasus malaria pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir melalui Kabid Pencegahan dan Pegendalian Penyakit, Harmansyah.

Kasus tersebut, sampai Harmansyah, terakhir ditemukan pada Oktober. Di bulan ini terdapat enam kasus. Rinciannya, dua kasus di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan empat kasus di Kecamatan Binduriang, tepatnya di Puskesmas Kepala Curup.

Harmansyah menghitung, 126 kasus pada tahun ini juga tersebar dibeberapa kecamatan. Yakni, 75 kasus tercatat di puskesmas Padang Ulak Tanding, 29 kasus di puskesmas Kepala Curup.

Lalu, Puskesmas Kota Padang sebanyak 21 kasus. Kemudian, di puskesmas Curup Timur, Beringin Tiga dan Perumnas sebanyak 1 kasus.

”Tiga puskesmas yang ditemukan kasus malaria itu diduga karena di wilayah itu telah memasuki musim tanam warga,” sampai Harmansyah.

Untuk mengantisipasi meningkatnya angka kasus malaria, Harmansyah mengatakan, pihaknya akan mendampingi pembinaan terhadap masyarakat setempat, mengenai pencegahan malaria.

”Wilayah ini juga termasuk kawasan endemik malaria,” tutup Harmansyah.

 

Baca Juga
Tinggalkan komen