Logo

Volume Sampah Festival Tabut 2018 Meningkat 100 Persen

KOTA BENGKULU – Kepala Bidang (Kabid) Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Rusman Effendy menjelaskan, volume sampah pada Festival Tabut tahun ini jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Ini udah hampir 100% meningkat, terlihat dari armada yang kita siapkan,” ucap Rusman pada Jumat (21/9).

Jika tahun sebelumnya, DLH hanya mengerahkan tiga truk untuk mengangkut sampah, namun ditahun ini DLH mengerahkan lebih dari 6 truk sampah, pick up, dan bak kontainer, itupun diakui Rusman pengangkutan sampah tidak bisa diselesaikan hari ini dan akan dilanjutkan esok hari, meskipun kegiatan pengangkutan sampah sudah berlangsung dari pukul 06.00 pagi.

“Kalau untuk tahun ini, kami hampir tidak mengira kalau sampah ini sampai segini timbunannya, kalau tahun lalu kita cukup 3 truk, tapi tahun ini, truknya udah 3, kontainer sudah 3 unit, dan pakai pickup, itupun belum selesai harus kita lanjutkan besok hari,” bebernya.

Dijelaskan pula oleh Rusman, dominan sampah di Tabut tahun ini ialah sampah plastik bekas makanan dan minuman pengunjung. “Kalau yang paling dominan itu sampah plastik, bekas kemasan makanan, dan plastik pakaian kayaknya, dan sampah sisa organik makanan” imbuhnya.

Kendati demikian, kata Rusman, sepanjang kegiatan Tabut berlangsung, DLH sudah rutin melaksanakan pembersihan sampah di sepanjang kawasan Tabut, namun timbunan sampah di Puncak Tabut lebih besar dibanding hari-hari sebelumnya.

“Kalau pembersihannya rutin kita kerjakan dari H+1 pelaksanaan Tabut, ternyata di Tabut tahun ini, timbunan sampah di akhir Puncak Tabut lebih banyak dibanding Tahun sebelumnya,” bebernya.

Lebih jauh dijelaskan Rusman, jika dijumlahkan dari 10 hari kegiatan Tabut ditambah hari ini, sekiranya DLH sudah menurunkan 22 pick up dan 33 hingga 35 truk total pengangkut sampah, begitupun dengan personil kebersihan.

“Untuk personil kemaren kita siapkan 60 orang, tapi karena tambah armada, kita tambah lagi 15 orang, jadi jumlahnya sekitar 75 sampai 80 orang,” katanya.

Diakhir penyampaiannya, Rusman menghimbau pada masyarakat yang menjadi pengunjung di arena Tabut, untuk senantiasa menjaga kebersihan, terlebih setiap festival Tabut, DLH selalu menyiapkan bak kontainer untuk membuang sampah.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang menjadi pengunjung arena Tabut ini untuk tetap menjaga kebersihan, dan membuang sampah itu langsung ketempat yang sudah kita siapkan, karena tiap Tabut kita selalu siapkan bak kontainer, sehingga kita bisa cepat dalam memproses sampah ini,” demikian Rusman