Logo
Dempo Xler

UNBK Sistem Token, Zainal: Dikirimkan Waktu Ujian

UNBK Sistem Token, Zainal: Dikirimkan Waktu Ujian

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Tidak lama lagi pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bengkulu akan menggelar ujian.

Namun ujian tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, ujian akan di uji coba dengan menggunakan sistem komputer atau lebih dikenal dengan nama UNBK.

Khusus di Kota Bengkulu, UNBK SMP yang baru akan dilaksanakan pada akhir Mei mendatang ini hanya bisa diikuti oleh 13 sekolah. Sementara sisanya masih menggunakan ujian berbasis kertas.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Zainal Azmi mengatakan, UNBK memiliki nilai yang sangat positif, terutama dalam meminimalisir kecurangan ujian.

Pasalnya, soal yang baru didistribusikan ke server sehari menjelang ujian belum dapat dibuka sebelum menerima kode konfirmasi yang akan diberikan tepat pada hari pelaksanaan.

“Soal belum bisa dibuka kalau belum terima tokennya, nanti dikirimkan waktu pelaksanaan ujian dan diberikan kepada siswa masing-masing. Jika dipaksa buka, soal akan terkunci dan harus dibuka dengan kode baru,” katanya pada bengkulunews.co.id, Senin (27/3/2017).

Ditambahkannya, kode dari server ini akan berubah dalam tempo 15 menit.

“Jadi jika ada siswa yang terlambat ujian, akan diberikan kode yang berbeda,” ucapnya.

Terlebih lagi setiap siswa memiliki soal yang tidak sama antara satu dan yang lainnya hingga kemungkinan mencontek diantara siswa sangat kecil.

“Kalau mau lulus ya siswa harus belajar lebih giat,” tegasnya.

Sementara itu, dari hasil simulasi dan Gladi Resik UNBK Diknas Kota ke Sekola-sekolah yang telah menyatakan siap dengan ujian yang berbasiskan komputer beberapa waktu lalu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, yakni listrik dan gangguan pada koneksi Internet.

Untuk itu Diknas Kota mengimbau agar sekolah yang dimaksud dapat menyiapkan genset agar pelaksanaan ujian tidak terganggu.

Baca Juga: Lima Hari Jelang Unas Soal Sudah di Seluma

  • roxas

    Bang, numpang nanya, kalo misalnya ketika UNBK ada orang yang minta token baru karena soalnya yang hampir selesai tiba-tiba tersubmit sendiri tapi akhirnya tidak jadi memasukkan token baru tersebut, apa yang akan terjadi terhadap nilai orang tersebut?