Logo

Tujuh Wisata Danau di Bengkulu, Cocok untuk Liburan

BENGKULU – Danau  merupakan bagian dari sungai yang lebar, memiliki fungsi utama sebagai penampungan air dan pendukung ekosistem perairan darat, salah satu tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu luang sembari menyegarkan kepala. Di provinsi Bengkulu ada beberapa danau yang memiliki pemandangan alam yang eksotik dengan berbagai keindahan dan juga keunikan tersendiri. Berikut, danau-danau yang dapat kalian jadikan referensi liburan bersama orang tercinta.

Danau Tes

Danau Tes

Danau Tes berada di kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, terbentang di antara dua buah dusun adat suku Rejang, yaitu Dusun Adat Kutei Donok (Desa Tengah) dan Dusun Adat Tes. Berada di lereng pegunungan Bukit Brisan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Danau Tes merupakan danau terbesar yang ada di Provinsi Bengkulu.

Danau Tes dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan juga menjadi Pusat Pembangkitan listrik Bertenaga Air (PLTA) bagi provinsi Bengkulu. Danau Tes memiliki luas 5 Km² dan Volume air 0,05 km3.

Danau Tes memiliki air danau yang bersih, jernih dan juga dingin serta udara yang amat asri menambah kenikmatan liburan kalian dan memanjakan pikiran.

Di pinggir Danau Tes ini juga tersedia warung-warung kopi. Untuk nongkrong di warung tepi Danau Tes kalian tidak perlu mengeluarka biaya masuk. Karena pengunjung bebas datang jajan makanan dan minuman sembari menikmati danau tes yang tenang dan jajaran Bukit Barisan.

Untuk menuju lokasi Danau Tes ini, membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kecamatan Muara Aman. Sedangkan dari Kota Curup memakan waktu lebih kurang 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Danau Nibung

Danau Nibung. Pariwisata Bengkulu

Danau Nibung adalah sebuah danau air rawa yang berada tepat dijalur lintas pusat kota pemerintahan Mukomuko yang menghubungkan Desa Danau Nibung dengan desa SP 6.

Danau Nibung cocok banget dijadiin referensi liburan kalian, danau ini menawarkan suasana tenang, nyaman dan suasana alam sekitar yang mempesona.

Air Danau Nibung ini berwarna hitam karena bekas rawa, namun keindahannya tidak usah di ragukan lagi. Bahkan beberapa villa sudah mulai ada di sekitr danau ini. Untuk masuk kedanau nibung masih digratiskan jadi kita hanya bayar parkir saja sebesar 3000-5000 rupiah. Ajak keluargamu menikmati sore dan akhir pekan di danau nibung karena kesunyian dan suasana alam disekitar danau akan membuat kalian betah.

Untuk mencapai lokasi danau Nibung cukup mudah karena sudah bisa diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari Kota Bengkulu butuh waktu 6 jam perjalanan menuju Kota Mukomuko. Sesampai di Kota Mukomuko kalian hanya butuh waktu 50 menit menggunakan kendaraan motor untuk sampai di Danau Nibung.

Disini juga menjyediakan beberapa fasilitas umum seperti MCK, area parkir, dinding pembatas, gazebo, spot foto keren, wahana air, kantin hingga tempat ibadah.

Danau Gedang

Danau Gedang. Dok.BN

Objek wisata danau Gedang terletak di Desa Padang Betua kecamatan pondok kelapa kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Provinsi Bengkulu. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit menggunakan kendaran roda 2 maupun kendaraan roda 4, dari jalan lintas Bengkulu.

Keindahan serta keunikan danau yang berdampingan dengan pantai ini dapat dijadikan objek wisata dengan potensi alam yang sangat tinggi. Danau yang berdampingan langsung dengan laut bak sebuah muara yang begitu luas namun tetap terpisah oleh hamparan pasir sekitar 30 meter.

Buat kalian yang inigin berkunjung ke lokasi ini, kalian wajib menunggu momen terindah yaitu ketika matahari terbenam. Dimana langit mulai memancarkan warna jingga kemerahan  menambah keindahan yang tida duanya. Di sekitar kawasan ini juga para kalian dapat melakukan kegiatan berkemah, karena di sini juga terdapat area untuk perkemahan.

Untuk  mendatangi lokasi wisata ini tidak perlu khawatir akan biaya atau membayar tiiket masuk. Karena kawasan wisata ini gratis. Kalian hanya akan membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk biaya parkir kendaran sendiri akan dikenakan tarif yang berbeda sesuai kendaraan yang dibawa, untuk  Kendaraan roda dua cukupp bayar 5.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat 10.000.

Danau Suro

Danau Suro

Danau Suro berlokasi di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu tepatnya di Desa Suro Ilir, Kecamatan Ujan Mas. Yang merupakan danau buatan terbentuk dari lepasan air sungai yang berada di Bendungan PLTA Musi.

Memiliki suasana yang masih asri dan pemandangan yang indah serta menyejukkan menjadikan liburan kalian semakin menyenangkan. Disini kalian bisa bermain di air dengan memakai rakit motor atau perahu motor, tempatnya juga instragramble banget loh seperti spot sambil naik rakit motor, spot di jembatan, di bawah pohon juga berbagai spot alami  lainnya.

Kalian yang berkunjung ke wisata ini akan dimanjakan pemandangan air danau serta pepohonan yang mengelilingi sekitar danau.

Selain memperlihatkan pemandangan danau yang indah, selama perjalanan kalian menuju danau akan disuguhkan dengan pemandangan permukiman desa yang tenang dengan udara yang segar serta sawah-sawah yang berada di kiri-kanan jalan.

Di objek wisata Danau Suro ini, kalian tak perlu risau soal fasilitas umum, karena di sana sudah cukup lengkap dan untuk biaya masuk ke dalam objek wista dabau Suro kalian tak perlu mengeluarkan ongkos yang cukup banyak cukup membayar 5.000 perorang.

Danau Mas Harum Bastari

Danau Mas. Profil Desa Karang Jaya

Danau Mas Harun Bastari ini merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau. Danau ini berada di perbatasan antara kota Curup dan kota Lubuk Linggau, tepatnya berada di Desa Mohorejo, Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Danau yang memiliki panorama alam yang begitu luar biasa mengagumkan inilah yang menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung yang datang ke Danau Mas Harun Bastari ini. Ada satu keunikan yang ada di danau ini, yaitu adanya sebuah pulau yang berbentuk huruf C. Warga sekitar mengatakan bahwa huruf C tersebut melambangkan nama kota Curup.

Disini juga menyediakan wahana permainan lain seperti sepeda air, flying fox dan juga berkeliling danau dengan perahu. Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari ini juga tidak begitu jauh dari lokasi Gunung kaba, jadi bagi anda yang berlibur kesini, bisa sekalian menikmati pemandangan Gunung kecil itu dari kejauhan jika cuaca sedang tidak berkabut.

Untuk Menuju Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari kalian bisa menempuhnya dengan kendaraan roda empat ataupn roda dua, dengan menempuh jarak kurang lebih 95KM kearah barat jika dari pusat kota Bengkulu. Lokasinya sendiri tidak sulit untuk ditemukan, karena letaknya yang berada tepat di pinggir jalan lintas Curup-Lubuk Linggau.

Danau Kuranding

Danau Kuranding

Danau Kuranding terletak di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. Danau Kuranding merupakan danau yang terbentuk secara alami. Danau kuranding memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Karena keindahannya itu, Danau Kuranding mendapat julukan surga tersembunyi di Bengkulu Selatan.

Selama ini danau Kuranding itu dimanfaatkan warga sebagai sumber mata air untuk mengairi lahan sawah. Ada juga yang memanfaatkan untuk lokasi peternakan ikan nila dengan sistem kerambah apung.

Di danau Kuranding juga banyak fasilitas bermain seperti berakit mengelilingi danau dengan biaya 5.000 per orang, ada Perahu Bebek dengan maksimal 4 orang dengan biaya 10.000 perorang dan ada Bola Air maksimal 3 orang dengan biaya 10.000 perorang.

Untuk biaya masuk ke lokasi ini cukup terjangkau biaya tiket masuk 3.000 per orang dan parkir mobil 2.000 per kendaraan.

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam. Foto, Dok.BN

Danau Dendam Tak Sudah terletak di Desa Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Kawasan Danau Dendam Tak Sudah merupakan tempat yang belum banyak tersentuh sehingga masih terjaga kealamiannya.

Dengan keindahan yang disajikan, tak heran Danau Dendam Tak Sudah menjadi salah satu tempat yang paling banyak diminati para wisatawan. Berbagai fasilitas, seperti tempat duduk pun telah disediakan oleh pengelola.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati air danau yang tenang, refleksi langit yang biru langsung terpantul dengan jelas di atas air, seolah Danau Dendam Tak Sudah merupakan sebuah cermin yang besar.

Selain memiliki pemandangan indah, ada beberapa legenda yang beredar di masyarakat sekitar tentang asal mula nama danau ini. Konon, nama Danau Dendam Tak Sudah berasal dari legenda pasangan anak muda yang bunuh diri dengan menceburkan diri ke danau. Hal ini karena hubungan mereka tak direstui oleh orang tua perempuan.

Sejak saat itu, masyarakat Bengkulu percaya ada dua ekor lintah raksasa yang hidup di danau dan merupakan jelmaan sepasang kekasih tersebut. Mereka terus hidup dengan menyimpan rasa dendam.