Trayek Angkutan Kota Ditambah

Foto : Mahmud
Foto : Mahmud

KOTA BENGKULU – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu menghimbau agar angkutan kota segera bisa beroperasi di jalur wisata kota Bengkulu. Penambahan trayek ini berguna untuk mempermudah masyarakat serta mengimbangi dominasi angkutan online.

”Trayeknya memang belum disahkan, tapi kita sudah melakukan himbauan melalui dishub kota supaya mengkaji kembali jalur-jalur trayek yang bisa dilalui tranportasi umum, seperti pantai, dan tempat wisata lainnya, agar bisa diperluas lagi,” ungkap Kepala Bidang LLAJ Dishub Provinsi Bengkulu, Hasoloan Sormin, Jumat (19/1/2018).

Semua angkutan kota, lanjut Sormin, memang harus mengembangkan jalur, tidak harus berpatokan dengan jalur biasanya agar bisa menambah penghasilan dan juga masyarakat bisa terbantu.

”Upaya yang kita lakukan ini karena selama ini kita lihat angkot banyak yang mengeluh dengan rute yang kita terapkan, mereka merasa dirugikan dengan adanya transportasi online, jadi harus memberanikan diri melebarkan sayap,” ujarnya.

Untuk sementara, kata Sormin, trayek untuk masuk ke jalur pariwisata belum disahkan. Akan tetapi, angkutan kota sudah dianjurkan untuk memperlebar jalur angkutan agar dapat membawa lebih banyak penumpang.

”Sekarang masih dalam tahap pengkajian menentukan jalur-jalur yang akan dibuat, yang penting masyarakat tertolong jangan sampai nanti ada pikiran dari masyarakat seolah-olah didominasi oleh taksi online menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian itu khususnya tempat wisata,” tutupnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen