Tiga Satuan Ini Memiliki Tugas Penting dalam Pilkada

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah (Tengah). Foto : Angguk

KOTA BENGKULU – Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam kebakaran (Damkar), menyiapkan diri menghadapi pesta demokrasi Juni mendatang.

Dijelaskan Rohidin, ketiga satuan ini memiliki tugas penting yang harus dijalankan, mengingat moment pilkada biasanya dibarengi dengan meningkatnya potensi gangguan.

“Momen tahapan kampanye pilkada serentak sangat penting bagi kita semua. Diharapkan agar Satpol-PP, Satlinmas, dan Damkar dapat menyiapkan diri di daerah masing masing,” ujar Rohidin saat ditemui usai upacara peringatan HUT Satpol-PP ke 69 tahun, Satlinmas ke 56 tahun dan Damkar ke 99, Rabu (21/3/2018).

Tugas ini harus dijalankan sesegera mungkin dengan landasan hukum yang berlaku. Seperti, Satpol PP pada Permendagri No.54 Tahun 2011 tentang standar operasional ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing masing.

Lalu Satlinmas, dengan pedmoan Ketetapan Mendagri No 10 Tahun 2009 tentang penugasan satlinmas dalam penanganan ketentraman, masyarakat, kenyamanan dan ketertiban umum. Serta Pemadam kebakaran yang mengacu Pada UU No 24 Tahun 2007, dan PP No 21 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Pelaksanaan pilkada serentak yang akan dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018. Dan saat ini tahapan pilkada serentak telah memasuki tahap kampanye,” tegas Rohidin.

Baca Juga
Tinggalkan komen