Bengkulu News #KitoNian

Tiga Aspek yang Perlu Diperhatikan saat Pengamanan Idul Fitri

MC

BENGKULU – Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar bersama Polda Bengkulu dan instansi terkait lainnya menggelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Nala-2024 dalam rangka pengamanan Idulfitri 1445 H di Aula Rupatama Awaloeding Djamin Mapolda Bengkulu, Kamis (28/03/2024).

Dikatakan Khairil, dalam pengamanan Idulfitri 1445 H ini setidaknya ada tiga aspek yang perlu diperhatikan. Pertama yaitu dapat memastikan masyarakat bisa beribadah dengan tenang serta khusuk, khusus umat muslim yang menjalankan ibadah puasa hingga Idulfitri nantinya.

Kemudian yang kedua yaitu menjaga persediaan pangan dan stabilitas harga pangan khususnya bahan pokok.

“Selanjutnya yang ketiga, dicek betul kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang digunakan, ini nanti tugasnya dinas perhubungan agar dapat mempersiapkannya. Supaya nanti tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Khairil.

Selain itu juga lanjut Khairil, ada beberapa hal lain yang perlu di perhatikan. Karena mudik lebaran tahun ini diprediksi meningkat dari pada tahun sebelumnya, terlebih lagi bagi masyarakat yang memang sudah tidak lama mudik. Maka dari itu, koordinasi antara instansi terkait sangat diperlukan, seperti dinas kesahatan maupun instansi vertikal lainnya.

“Selain kita memperhatikan beberapa aspek di atas, yang tidak kalah pentingnya adalah soal pelayanan kesehatan baik itu yang ada di puskesmas yang dilewati jalan lintas pemudik maupun pos pelayanan kesehatan Idulfitri 1445 H. Maka dari itu kita minta untuk rumah sakit, POS pelayanan kesehatan maupun puskesmas selalu standby 24 jam,” ujar Khairil.

Sementara itu, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Agus Salim melalui Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo menuturkan, Polda Bengkulu dalam hal ini selaku unsur yang memotori Operasi Nala-2024 pengamanan Idulfitri 1445 H telah menyiapkan ribuah porsonel baik itu dari kepolisan, TNI hingga instansi terakit lainnya.

“Kita dapat bersama prediksi puncak arus mudik yang diperkirakan H-2 jelang lebaran, maka dari itu kami Polda Bengkulu siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu, instansi vertikal lainnya. Kami juga sudah menyiapkan pos-pos untuk para pemudik, yang sudah kita sebarkan di beberapa titik di wilayah hukum Polda Bengkulu,” sampainya.

“Untuk arus balik kita prediksi H+4 lebaran 16 April 2024. Untuk personil yang dilibatkan dalam pengamanan ini 2.136 personel, dengan rincian 1.188 personel dari kepolisian, 124 personel TNI dan 824 instansi terkait. Intsansi terkait ini tergabung dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas serta instansi vertikal lainnya,” jelas Octo.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Bambang Agus Supra Budi mengatakan, dinas perhubungan telah penyiapkan armada transportasi yang beroperasi sebagai angkutan lebaran 2024 di Bengkulu.

“Kami dari dinas Perhubungan telah menyiapkan pelayanan angkutan Bus sebanyak 121 armada, dari 7 P.O Bus AKAP. Untuk personel, kita sudah menyiapkan angkutan darat 30 dan personel angkutan laut 15 personel,” tutup Bambang. [Febri]

Baca Juga
Tinggalkan komen