Bengkulu #KitoNian

Suku-suku yang Mendiami Daerah Bengkulu

Salah satu pakaian adat Bengkulu. Foto, Dok BN

Halo viewers apa kabar? Wah gak kerasa ya udh weekend aja. Udah punya plan ke mana aja ni viewers? Kali ini mimin mau ngeshare tentang suku-suku yang ada di Bengkulu viewers wah kira-kira apa aja ya ?

1. Suku Serawai

Suku Serawai adalah salah satu nama suku yang ada di Bengkulu lo viewers, Suku Serai sendiri adalah suku bangsa dengan populasi terbesar kedua yang hidup di daerah Bengkulu ni viewers.

Nah sebagaian besar masyarakat Suku Serawai berada di Kabupaten Bengkulu Selatan yakni di Kecamatan Sukaraja, Seluma, Talo, Pino, Kelutum, Manna dan Seginim loh viewers.

Berdasarkan cerita para orangtua suku ini berasal dari leluhur yang bernama Serunting Sakti bergelar Si Pahit Lidah, asal usul Serunting Saktipun sampai kini masih belum diketahui kebenaranya loh viewers.

Sebagian besar orang mengatakan bahwa Serunting Sakti berasal dari daerah Jazirah Arab yang datang ke Bengkulu melalui kerajaan Majapahit. Hingga saat ini keneradaan suku serawai masih ada ya viewers kebanyakan dari suku serawai bertani dan berkebun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Suku Lembak

Suku Lembak atau Melayu Lembak bisa juga disebut orang Linggau loh viewers, suku bangsa ini terdiri dari kelompok etnik yang mendiami daerah-daerah di Provinsi Bengkulu sebagian lagi di Sumatra Selatan yang paling besar adalah di Kota Bengkulu.

Dari beberapa Literatur Suku Lembak berdasarkan jenisnya adalah Suku Melayu dikarenakan bahasa, adat-istiadat, dan budaya Suku Lembak tidak jauh berbeda dengan masyarakat Melayu pada umumnya loh viewers. Suku Lebak terbagi jadi tiga ygaitu Lembak Lapan, Lembak Bulang, dan Lembak Beliti.

3. Suku Pekal

Suku pekal berasal dari kata “mangkal” yang berarti buah yang belum masak loh viewers, tapi juga sudah tidak lagi mentah wah kira-kira gimana ya? Nah dapat dimaknai bahwa Suku Pekal disimpulkan merupakan bentuk mengkal dari Suku Rejang dan Suku Minangkabau loh, tidak terlepas dari asal mula Ketahun viewers.

4. Suku Rejang

Konon menurut salah satu cerita, pada tahun 2090 SM, Rhe Jang Hyang dan kelompoknya mendirikan sebuah perkampungan yang bernama Kutai Nuak di daerah Napal Putih, Bengkulu Utara.

Menurut Sejarah yang tidak tertulis, Suku Rejang berasal dari empat petulai yaitu Juru Kalang, Bermani, Selupu dan Tubai viewers. Suku Rejang adalah salah satu suku bangsa yang mendiami Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatra Selatan.

Masyarakat Rejang di Bengkulu mendiami bekas wilayah Onderafdeling Lais, serta Lebong dan Redjang.

5. Suku Enggano

Suku Enggano adalah sebuah kelompok yang mendiami Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu dekat barat daya lepas pantai Pulau Sumatra. Populasi suku ini berjumlah sekitar 2.691 jiwa tersebar dalam 6 desa.

Kata Enggano sendiri diambil dari Bahasa Portugis yang artinya ‘salah’ atau ‘kecewa’. Pulau ini terkenal dengan keunikan dari segi sektor pariwisata dan memiliki banyak terumbu karang.

6. Suku Lampung

Jamma Lappung adalah suku bangsa yang berasal dari Provinsi Lampung yang berada pada bagian ujung selatan pulau Sumatra. Pada awal mulanya, suku Lampung berdiam di tengkuk Gunung Pesagi. Selain di Provinsi Lampung, suku Lampung juga sebagian tersebar di provinsi Sumatra Selatan bagian selatan dan tengah seperti daerah Martapura, Muaradua di daerah Kabupate Ogan, dan beberapa wilayah lainnya termasuk daerah Bengkulu.

Nah itulah beberapa suku yanga da di daerah Bengkulu tentunya masih banyak lagi ya viewers dengan adanya beragam suku dan bahasa tentunya masyarat hidup berdampingan dengan baik ya viewers hingga saat ini.

Oke itu aja share dari mimin semoga menambah pengetahuan kitaya viewers.

Baca Juga
Tinggalkan komen