Logo

Sukses Raih Adiwiyata Mandiri, Tim Provinsi Bengkulu Berangkat Ke Siak

bengkulunews.co.id – Tim Adiwiyata Mandiri Provinsi Bengkulu berangkat ke Kabupaten Siak Riau. Keberangkatannya dilepas oleh Asisten II Iskandar ZO. Dua sekolah dari Provinsi Bengkulu akan menerima penghargaan yang rencananya diserahkan oleh Presiden Jokowi, yakni SMA 4 dan SMA 5 Kota Bengkulu.

“Pemrov Bengkulu sampaikan apresiasi kepada peraih Adiwiyata Mandiri 2016. Harapannya tahun depan tak hanya sekolah yang berada di Kota Bengkulu saja, tapi juga sekolah yang ada di 9 Kabupaten lain,” kata Asisten II saat sampaikan sambutan pelepasan, Rabu 20 Juli 2016.

Tim Adiwiyata Mandiri mengungkapkan syukur atas keberhasilan meraih penghargaan tersebut. Mereka juga menargetkan prestasi yang diraih bisa bertahan, dan bisa menerapkan pada sejumlah sekolah binaan. Selain basis lingkungan hidup, aspek kemandirian sekolah juga menjadi target capaian. Dengan menerapkan program kewirausahaan dilingkungan sekolah, baik manajemen maupun edukasi kepada siswa.

“Target kami selain mempertahankan prestasi ini, terus berupaya mengembangkan program-progam yang bisa kita terapkan di sekolah-sekolah. Seperti kewirausahaan dan pemanfaatan lingkungan sekolah,” tutur tim adiwiyata yang juga Ketua Komite SMA 4, Jhon Hendri.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2016 adalah prestasi nasional, diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggungjawab terhadap lingkungan hidup. Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah. (101/rls)