Soal Sampah di Kota Bengkulu Bisa Tiru Kelurahan Kandang Mas

Walikota Bengkulu Helmi Hasan. MC

BENGKULU – Walikota Bengkulu, Helmi Hasan meminta setiap kelurahan menggalakkan gerakan merdeka sampah, kegiatan gotong royong rutin dengan melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) hingga sayembara berhadiah uang.

“Kita juga minta masyarakat kian sadar untuk lebih bijak dalam pengelolaan sampah dan kita harapkan partisipasi seluruh pihak dengan target setiap kelurahan nantinya bebas akan sampah,” dikutip laman resmi Kota Bengkulu, Selasa (10/01/2023).

Helmi meminta kelurahan yang ada meniru LPM di Kelurahan Cempaka Permai dan Kandang Mas yang telah sukses dalam mengelola sampah.

“Ada kelurahan Cempaka Permai, Kandang Mas dan lainnya. Itu bisa ditiru, karena apa yang dilakukan pemerintah mereka lakukan juga, itulah pengelolaan mereka berhasil,” sambung Helmi.

Cara Bersih dari Sampah

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan mengaku menyiapkan beberapa langkah untuk mengatasi Tempat Pembuangan Akhir yang melebihi kapasitas.

Riduan menyebut penumpukan sampah di TPA dapat diatasi dengan dua cara. Pertama memilah jenis sampah organik dan anorganik untuk mempercepat penguraian.

“Jika sampah semuanya bercampur antara organik dan anorganik maka diskomposisi akan lambat, sebaliknya jika dilakukannya pemilahan sampah maka akan menpercepat proses penguraian,” kata Riduan dilansir laman media center Kota Bengkulu, Senin (9/01/2023).

Langkah kedua, kata Riduan, bisa dilakukan dengan cara membuat bank sampah di setiap kelurahan di Kota Bengkulu. Langkah ini juga berperan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat.

“Ini langkah yang efektif sebagai gerakan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat, sebagai salah satu sarana edukasi dalam mengurangi sampah sekaligus dapat menghasilkan dan menambah pendapatan masyarakat,” lanjutnya.

Baca Juga
Tunjukkan Komen (1)