Logo

Soal Muatan Kapal Injatama, Dewan Akan Minta Keterangan KSOP

Edi Sunandar

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Sekretaris Komisi III DPRD provinsi Bengkulu, Edi Sunandar mempertanyakan kinerja Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pulau Baai terkait pengawasannya terhadap kapasitas muatan kapal.

Hal itu disampaikan Edi setelah pihaknya mengetahui kapal PT. Injatama membuang sebagian muatanya (Batu Bara, red) ke laut karena kelebihan kapasitas muatan.

“Kami menduga ada kelebihan kapasitas muatan yang diangkut dari pelabuhan tersebut, dan disini kami mempertanyakan kinerja daripada KSOP yang bertugas mengawasi hal tersebut,” ungkap Edi, Rabu (9/8/2017).

Edi menegaskan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan turun kelapangan guna memastikan dan meminta penjelasan dari PT. Injatama. Sebab hal itu sangat berdampak pada lingkungan.

Selain meminta keterangan Injatama, Komisi III juga akan meminta keterangan dari pihak KSOP yang bertanggung jawab pada pengawasan muatan kapal.

“Inikan ranahnya mereka (KSOP, red) dan yang seharusnya mereka mengetahui hal ini,” jelas Edi.

Jika itu benar, lanjut Edi, Injatama harus bertanggung jawab. Terlebih perusahan Batu Bara ini telah menjadi sorotan masyarakat karena terbilang ‘nakal’.

“Kemarin sempat salah-satu perusahan yang menunggak royalti dan sekarang membuang batu bara dilaut,” demikian Edi.