Sejarah Peringatan Relawan Internasional 5 Desember

Sejarah Peringatan Relawan Internasional 5 Desember

Foto, Cindy

Hari Relawan Internasional, merupakan amanat dari Majelis PBB pada tahun 1985. Awalnya Hari Relawan Internasional ini dibentuk untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi penting dari pelayanan sukarela.

Sehingga mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk dapat bergabung menjadi relawan, baik di dalam maupun luar negeri.

Majelis Umum PBB memproklamasikan Hari Relawan Internasional pada tahun 2001, dengan tujuan untuk memajukan pengakuan sukarelawan, memfasilitasi pekerjaan mereka, menciptakan jaringan komunikasi dan mempromosikan manfaat layanan sukarela.

Adapun tujuan lain dari Hari Relawan Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Desember, adalah untuk memberikan kesempatan bagi setiap individu maupun organisasi dapat mempromosikan kegiatan relawan.

Selain itu peringatan ini sebagai pendorong bagi pemerintah untuk mendukung upaya para relawan dan mengakui kontribusi relawan, dalam pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan di tingkat lokal, nasional hingga internasional.

Dalam memperingati Hari Relawan Internasional, anda dapat berpartisipasi menjadi seorang relawan. Ikutilah suatu komunitas yang cocok dengan minat dan kemampuan, mulailah ambil peran menjadi relawan.

Baca Juga
Tinggalkan komen